Kemenko Perekonomian: Kerjasama Internasional BIMP-EAGA Berpotensi Menjadi Nexus Perdagangan di Indo-Pasifik.
Sumber :
  • kemenko perekonomian

Kemenko Perekonomian: Kerjasama Internasional BIMP-EAGA Berpotensi Menjadi Nexus Perdagangan di Indo-Pasifik

Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:02 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub-Regional Kemenko Perekonomian Netty Muharni menyampaikan kerja sama negara-negara yang ttergabung dalam BIMP-EAGA berpotensi menjadi nexus perdagangan di Indo Pasifik.

Dia mengatakan potensi itu sejalan dengan rekonfigurasi koridor ekonomi BIMP-EAGA yang studinya sudah memasuki tahap akhir.

Studi asesmen Strategic, Spatial, and Socially Inclusive: An Integrated Approach to BIMP-EAGA Economic Corridor Development, meninjau relevansi koridor ekonomi BIMP-EAGA yang disahkan tahun 2007. 

Hasil studi menunjukkan perlunya dilakukan rekonfigurasi koridor ekonomi, potensi keterhubungan, serta potensi rantai nilai, baik dalam skala domestik maupun sub-kawasan. 

"ndonesia menyambut baik hasil studi tersebut sekaligus menyatakan bahwa laporan tersebut menyiratkan potensi besar BIMP EAGA sebagai penghubung perdagangan global Indo-Pasifik. Indonesia menegaskan bahwa selanjutnya perlu diidentifikasi tantangan dan peluang, serta menyusun program dan proyek yang tepat untuk meraih prospek ini," kata di, dalam keterangan tertulis, Kamis (17/10/2024).

Untuk informasi, BIMP-EAGA adalah gabungan negara-negara yang terhimpun atas Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Phillipines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA).

Para Pejabat Tinggi BIMP EAGA bertemu untuk memberikan arahan terhadap perkembangan proyek dan program dari 9 klaster, laporan asesmen terhadap koridor ekonomi, serta persiapan perayaan 30 tahun kerja sama BIMP-EAGA.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:32
16:52
01:55
01:09
03:04
01:55
Viral