Istana Garuda di IKN..
Sumber :
  • tvOnenews.com/Julio Trisaputra

AS Dukung Pemerintah Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Kamis, 17 Oktober 2024 - 18:14 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah Amerika Serikat lewat US Agency for International Development (USAID), bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyelesaikan kolaborasi lima tahun lewat Proyek Economic Growth Support Activity (EGSA) agar bisa mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

“Amerika Serikat bangga mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang hubungan kedua negara yang telah berlangsung selama 75 tahun. Sebagai kelanjutan kerja sama tersebut, USAID EGSA telah bekerja sama dengan sejumlah kementerian dan direktorat untuk mendukung pencapaian tujuan Indonesia Emas 2045,” kata Direktur USAID Indonesia Jeff Cohen dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (17/10/2024). 

USAID EGSA adalah program yang diluncurkan di 2019. Proyek ini bermitra dengan sejumlah kementerian kunci Pemerintah Indonesia, termasuk Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Lewat proyek EGSA ini, USAID akan mendukung upaya Pemerintah Indonesia mewujudkan visinya yakni Indonesia Emas 2045, agar Indonesia menjadi negara yang maju dengan ekonomi yang berkelanjutan, tangguh, dan inklusif.

Eka Chandra Buana selaku Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik Bappenas mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama yang selama ini terjalin dengan USAID EGSA.

“USAID telah membantu Bappenas dengan beberapa cara, termasuk persiapan peta jalan transformasi di Provinsi Kepulauan Riau, memfasilitasi persiapan transformasi ekonomi Kalimantan Timur, dan bagaimana menghitung dampak ekonomi terkait kebijakan ekonomi. Semua menjadi dasar penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2025-2029,” kata Eka.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:32
16:52
01:55
01:09
03:04
01:55
Viral