Pariwisata di NTB Dihantam Krisis Air, Sebabkan Jumlah Wisatawan Merosot.
Sumber :
  • antara

Pariwisata di NTB Dihantam Krisis Air, Jumlah Wisatawan Merosot

Kamis, 17 Oktober 2024 - 22:06 WIB

Nusa Tenggara Barat, tvOnenews.com - Krisis air menjadi tantangan bagi industri pariwisata di tiga daerah di Nusa Tenggara Barat. Industri pariwisata di wilayah setempat ikut berimbas.

Ketua Asosiasi Travel Indonesia (Astindo) Nusa Tenggara Barat Sahlan M Saleh menyebut tiga daerah yang mengalami krisis air tersebut yakni, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air (Tramena).

Karenakrisis air, pariwisata akan berdampak lama kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di tiga daerah tersebut.

"Kunjungan wisatawan biasanya bisa tujuh sampai sepuluh hari. Namun, karena krisis air yang semakin sulit mereka memutuskan untuk beranjak lebih awal," ujarnya, Kamis (17/10/2024).

Selain lama waktu wisata, Sahlan menuturkan krisis air juga dapat mengganggu pariwisata mulai dari kenyamanan wisatawan, potensi jumlah pengeluaran yang dibelanjakan wisatawan, hingga memengaruhi minat wisatawan yang akan berkunjung.

Pihaknya berharap pemerintah bisa segera mengatasi permasalahan krisis air tersebut agar objek wisata di wilayah setempat tidak sepi kunjungan wisatawan.

Sahlan mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat terkait dengan perkembangan kondisi pariwisata wilayah terdampak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:32
16:52
01:55
01:09
03:04
01:55
Viral