Ilustrasi - Potret industri obat bahan alam Indonesia..
Sumber :
  • Dok. Menpan

Ekspansi Industri Obat Bahan Alam Melejit, Kemenperin Ungkap Segini Jumlah Produk Jamu hingga Herbal Indonesia yang Diekspor

Kamis, 17 Oktober 2024 - 22:25 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyampaikan industri obat bahan alam dalam negeri tengah mengalami ekspansi cukup tinggi.

Tercatat, nilai ekspor pada Januari-September 2024 mencapai 639,42 juta dolar AS.

Kepala Badan Standardisasi dan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Andi Rizaldi, mengatakan bahwa ekspansi di sektor ini dapat dilihat melalui Indeks Kepercayaan Industri (IKI), yang pada September lalu secara kumulatif di angka 52,48 poin.

"Perkembangan industri tersebut di tahun ini juga menunjukkan adanya gairah. Kelompok industri farmasi dan obat bahan alam merupakan salah satu dari lima subsektor industri yang mengalami ekspansi tertinggi dalam rilis IKI bulan September 2024," kata Andi Rizaldi, di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Oleh sebab itu, disampaikan bahwa perkembangan industri masih mempunyai prospek yang baik untuk ke depan.

Sehingga, sektor ini masih perlu adanya sinergi yang kuat dari berbagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan daya saingnya di pasar internasional.

Selain itu, kata Andi, saat ini ada beberapa jenis perusahaan industri obat bahan alam di Indonesia, yaitu Usaha Kecil Obat Tradisional (UKOT), Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT), Industri Ekstrak Bahan Alam (IEBA) dan Industri Obat Tradisional (IOT) yang menghasilkan 19 ribu produk jamu, serta 99 produk obat herbal terstandar dan 33 produk fitofarmaka.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:32
16:52
01:55
01:09
03:04
01:55
Viral