Andi Amran Sulaiman dan Sudaryono kembali melanjutkan amanah sebagai Menteri Pertanian dan Wakil Menteri Pertanian dalam Kabinet Merah Putih 2024-2029..
Sumber :
  • Istimewa

Target 3 Juta Hektar Sawah, Mentan Andi Amran Optimis Penuhi Target Prabowo Bawa Indonesia Swasembada Pangan

Selasa, 22 Oktober 2024 - 22:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, memaparkan langkah-langkah yang akan ditempuh untuk mewujudkan target swasembada pangan nasional.

Sebagai informasi, Presiden Prabowo Subianto dalam beberapa kesempatan telah menggaungkan bahwa akan membawa Indonesia swasembada pangan dalam waktu empat tahun.

Untuk mendukung target tersebut, Andi Amran melakukan dua pendekatan utama yang diyakini mampu mempercepat pencapaian ketahanan pangan.

Menurut Mentan, intensifikasi lahan dan ekstensifikasi adalah dua program kunci yang saat ini sedang dijalankan pemerintah.

"Programnya ada dua, intensifikasi dan ekstensifikasi," jelas Amran di Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Andi Amran menjelaskan bahwa intensifikasi bertujuan untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP), yaitu frekuensi tanam dan panen di lahan yang sama dalam satu tahun.

Dengan memaksimalkan penggunaan teknologi seperti pompanisasi dan optimalisasi lahan (oplah), lahan yang biasanya hanya ditanami satu kali setahun bisa ditingkatkan menjadi dua hingga tiga kali tanam.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:28
00:40
01:47
01:34
03:44
02:58
Viral