Mentan Amran Copot 3 Pejabat Kementan yang Korupsi Rp10 Miliar.
Sumber :
  • ANTARA

Kementan Siapkan Hal Ini Untuk Dukung Program Makan Bergizi Gratis Presiden Prabowo

Jumat, 25 Oktober 2024 - 07:46 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Pertanian (Kementan) sangat mendukung program Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yaitu Makan Bergizi Gratis. Bahkan, mereka sudah menyiapkan hal khusus untuk mendukung keberhasilan program tersebut. 

Mentan Amran saat ditemui menyebut program khusus yang disiapkan Kementan bisa meningkatkan akses pangan sehat dan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

"Kementerian Pertanian telah menyiapkan dua skema, yaitu melalui program pekarangan pangan bergizi serta program peningkatan produksi susu dan daging. Makan bergizi gratis bagus banget programnya dan Kementan harus mengambil peran,” kata Mentan Amran di Jakarta, Kamis (24/10/2024).

Program Makan Bergizi Gratis bisa disokong mulai dari tingkat rumah tangga lewat program pekarangan pangan bergizi. Setiap rumah bisa menyuplai kebutuhan gizi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, serta yang lain dari tanaman yang dibudidayakan sendiri.

“Program kita ke depan adalah membagikan benih dan bibit unggul. Jadi di pekarangan bisa tanam sayur-sayuran, umbi-umbian, ternak ayam, bebek, lele di pekarangan,” jelas Amran.

Saat ini, rumah tangga di Indonesia berjumlah 70 juta. Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa rata-rata belanja rumah tangga setiap bulannya yaitu Rp2 juta atau total belanja rumah tangga di seluruh Indonesia ialah Rp1.400 triliun per tahunnya. 

Amran merasa bahwa pekarangan pangan bergizi bisa berpotensi mengurangi belanja rumah tangga tersebut. Selain itu, pekarangan pangan bergizi juga bisa mendorong pergerakan ekonomi di pedesaan. Ia memberikan contoh soal pangan yang diproduksi di pekarangan bisa disuplai ke sekolah hingga rumah makan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
08:53
00:50
12:13
01:01
01:20
Viral