Tamziz Al Anis menunjukkan sarung batik buatannya..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Berkah Ramadhan, Perajin Sarung Batik Khas Pati Banjir Pesanan

Selasa, 12 April 2022 - 13:38 WIB

Pati, Jawa Tengah - Bulan puasa menjadi berkah bagi perajin sarung batik khas Pati di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Banyaknya warga yang membeli sarung untuk sholat tarawih dan idul fitri nanti membuat pesanan sarung batik meningkat tiga puluh persen dibandingkan hari biasa. Diperkirakan pesanan akan kembali meningkat hingga lima puluh persen mendekati hari raya Idul Fitri. 

Memasuki bulan Ramadhan masyarakat banyak berburu perlengkapan sholat, seperti sarung, sajadah dan peci. Salah satu yang saat ini banyak diminati warga muslim terutama anak-anak muda adalah sarung batik. 

Seperti yang terlihat di sentra batik Bakaran, di Desa Langgenharjo, Kecamatan Juwana, Pati, Jawa Tengah. Kesibukan perajin batik sudah terlihat sejak seminggu jelang puasa. Dan memasuki minggu kedua puasa ini kesibukan pekerja meningkat seiring dengan banyaknya permintaan sarung batik. 

Salah seorang perajin batik khas Bakaran Pati, Tamziz al Anas mengatakan, di bulan Ramadhan ini permintaan meningkat 30 persen dibandingkan hari biasa.

"Masuk minggu kedua puasa ini pesanan meningkat 30 persen yang biasanya per hari laku terjual antara 10 hingga 15 sarung batik, " Ujar Tamziz Al Anas, " selasa (12/4/2022). 

Tamziz Al Anas memprediksi jelang lebaran nanti peningkatan penjualan akan bertambah lagi. 

"Prediksi saya mendekati lebaran nanti pesanan kembali meningkat bisa tambah 10 sampai 20 persen" imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:55
01:52
01:19
01:21
02:27
01:08
Viral