Menteri Kesehatan RI, Budi Sadikin.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Ilham Ariyansyah

Menkes Budi Sadikin Ungkap Perbedaan Virus Mpox di Indonesia dan Benua Afrika, Ternyata... 

Kamis, 5 September 2024 - 10:40 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Menteri Kesehatan RI, Budi Sadikin menjelaskan bahwa virus cacar monyet atau Mpox yang terdeteksi di Indonesia tidak lebih bahaya dibandingkan yang berada di Benua Afrika

Budi mengatakan bahwa virus Mpox ndonesia berbeda jenis dengan yang ada di Afrika sana. Menurutnya, Mpox di Afrika lebih berbahaya lantaran punya fatality rate yang jauh lebih tinggi ketimbang di Indonesia.

"Mpox yang ada di Indonesia itu varian 2b atau clade 2b, yang di Afrika itu varian 1b ya, itu fatality rate-nya tinggi mendekati 10 persen. Kalau kita masih 0,1 persen,"kata Budi Sadikin saat mengikuti acara di Gedung Institut Teknologi Bandung, Rabu (04/09/2024). 

Pemerintah sendiri, aku Budi, telah meningkatkan surveilans dan pengujian di seluruh Indonesia untuk menekan resiko pemyebaran. Di antaranya, dengan menggunakan tes PCR yang hasilnya dapat diketahui langsung setelah 30 menit. 

Dia mengatakan tes ini telah diterapkan di sejumlah wilayah, seperti Bali dan Jakarta. Terutama terhadap para wisatawan dari negara-negara Afrika yang berisiko tinggi membawa virus Mpox.

Oleh karena itu, dia pun mengimbau masyarakat agar tidak kelewat khawatir, tapi tetap perlu waspada.

“Yang paling penting adalah menjaga perilaku sehat. Penyakit ini lebih berisiko pada segmen khusus, jadi masyarakat umum tidak perlu terlalu khawatir,”kata dia. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:05
10:13
03:23
02:16
04:37
01:05
Viral