Wisatawan menikmati gubug dan gazebo di tengah sawah di Desa Wisata Pakis, Kendal, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Menikmati Gubug Lereng Merangan, Sisi Indah Desa Wisata Pakis Kendal

Rabu, 29 Desember 2021 - 10:27 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Desa Pakis berada di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Posisinya di sisi barat lereng Gunung Ungaran, pada ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Maka tak heran jika udara di desa sangat sejuk dan segar. 

Keindahan alam menjadi daya tarik desa Pakis di Kendal ini, sehingga pemerintah desa setempat bersama pokdarwis mengembangkannya menjadi desa wisata.

"Alhamdulillah kita sudah dapat SK dari Pemerintah Kabupaten Kendal baik desa wisatanya maupun Pokdarwisnya, sehingga kita sekarang lebih semangat lagi bergerak untuk membangun wisata di Pakis," jelas Hendri, ketua Pokdarwis Desa Pakis Limbangan, Kendal. 

Ada beberapa spot yang bisa dikunjungi. Antara lain air terjun, perkebunan alpukat, hutan pinus, dan yang paling baru adalah deretan gazebo yang dibangun desa untuk menikmati keindahan sawah yang membentang indah.

Pokdarwis setempat menamai gazebo tengah sawah tersebut dengan Gubug Lereng Merangan. Mereka memanfaatkan sawah bengkok milik desa untuk membuat destinasi wisata tanpa mengurangi manfaat sawah sebagai lahan pertanian.

Lokasi Gubug Lereng Merangan juga sangat mudah dijangkau karena berada persis di tepi jalan yang menghubungkan Kendal dengan kawasan wisata Bandungan di Kabupaten Semarang.

Menurut ketua Pokdarwis Desa Pakis Hendri, destinasi wisata ini termasuk baru karena mulai dibuka pada bulan April 2021. Meski di awal masih terdampak pandemi, sekarang setelah kondisi membaik dan status PPKM Kendal sudah di level 1,  pengunjung pun mulai berdatangan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:48
02:10
03:04
01:25
01:13
05:45
Viral