Tidore Kepulauan (Maluku Utara.
Sumber :
  • Ist

Meski Punya Alam yang Memukau, Tapi Wilayah Ini Masuk Dalam Daftar 5 Kota Tersepi di Indonesia Sampai Punya Julukan Kota Ibadah!

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:08 WIB

tvOnenews.com - Siapa sangka, meski Indonesia memiliki populasi lebih dari 270 juta jiwa, namun penyebaran penduduknya tidak merata dan hanya berpusat di kota dan pulau tertentu seperi Pulau Jawa.

Indonesia menempati peringkat keempat negara berpenduduk terbanyak di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat

Negara ini memiliki lebih dari 17.000 pulau dengan luas wilayah yang sangat besar, namun distribusi penduduknya masih belum merata. 

Sebagian besar penduduk terkonsentrasi di Pulau Jawa, sementara beberapa daerah lainnya, meskipun luas, justru memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kota tersepi di Indonesia serta potensi wisata dan kondisi geografisnya.

Menurut data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2019, sekitar 56,56% penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa. 

Ini berarti lebih dari setengah penduduk Indonesia hidup di pulau yang hanya mencakup sekitar 6,7% dari luas wilayah negara. 

Sementara itu, pulau-pulau lain seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua memiliki kepadatan penduduk yang jauh lebih rendah, meskipun ukurannya jauh lebih besar.

Ketimpangan ini menyebabkan beberapa kota di Indonesia menjadi sangat sepi. Kota-kota tersebut tidak hanya memiliki jumlah penduduk yang rendah.

Akan tetapi juga minim kegiatan ekonomi dan infrastruktur yang mendukung. Berikut ini adalah lima kota tersepi di Indonesia, berani coba tinggal disana?

1. Subulussalam (Aceh)

Subulussalam (Aceh)
Sumber :
  • Ist

 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:23
01:13
01:41
09:48
01:28
00:49
Viral