Air Terjun Pulau Mursala.
Sumber :
  • Syaren

Yuk Berwisata di Air Terjun Pulau Mursala, Lokasi Syuting Film King Kong

Minggu, 30 Oktober 2022 - 12:13 WIB

Tapanuli Tengah, Sumatera Utara – Pulau Mursala salah satu destinasi wisata yang menarik dikunjungi, terletak di Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Anda bisa menyaksikan air terjun tawar yang langsung mengalir ke laut.

Jika berkunjung ke sini, usahakan saat cuaca sedang bagus, dan belum memasuki musim penghujan, maka anda bisa menyaksikan air yang terjun dari tebing dengan debit air yang deras jatuh ke birunya air laut.

Untuk sampai ke air terjun yang berada di sebelah barat daya Kota Sibolga ini, bisa Anda tempuh dengan waktu kurang lebih dua jam jika menaiki speedboat maupun kapal yang disewa dari Pantai Pandan, Kota Pandan, Ibu Kota Kabupaten Tapanuli Tengah.Selain itu, wisatawan dapat naik speedboat maupun kapal melalui Kota Sibolga. 

Wisatawan akan menikmati keindahan air terjun dari atas kapal yang bisa mendekat ke tebing air terjun hingga jarak 5 meter. Jika ombak tidak terlalu besar, kapal bisa berhenti menurunkan jangkar. Wisatawan juga dapat terjun ke laut dengan menggunakan baju pelampung. Airnya terasa dingin, segar, dan tidak terlalu asin.

Untuk diketahui, di Pulau Mursala ini tidak banyak dihuni penduduk, sehingga tidak ada kapal reguler yang datang ke wilayah tersebut.
Keindahan bawah laut di pulau seluas kurang lebih 8000 ha, menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Uniknya, air dari Pulau Mursala ini tak pernah kering, hanya saja saat musim kemarau volume airnya sedikit berkurang.

Air terjun di pulau yang terletak di Samudera Hindia ini sangat jarang ditemui di dunia, sehingga tidak sedikit turis mancanegara yang tertarik berkunjung untuk melihat keunikan air terjun ini.

Karena dianggap menarik, Pulau Mursala pernah menjadi lokasi syuting Film King Kong.
Air terjun Pulau Mursala berasal dari danau kecil yang terbentuk dari cekungan batuan untuk menampung air hujan dan air tanah, sehingga saat air cekungan tersebut penuh, air akan meluber ke tempat yang rendah, dan menjadi air terjun. (Ssg/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:56
05:39
02:50
13:00
05:37
01:05
Viral