Pakar Filologi, Prof. Menachem Ali ikut berkomentar terkait polemik nasab Ba'alawi atau garis keturunan habib di Indonesia..
Sumber :
  • Kolase tvOnenews

Respons Menohok Prof. Menachem Ali soal Nasab Ba'alawi, Menurutnya Habib di Indonesia Itu keturunan ...

Senin, 1 Juli 2024 - 14:00 WIB

tvOnenews.com - Pakar Filologi, Prof. Menachem Ali ikut berkomentar terkait polemik nasab Ba'alawi atau garis keturunan habib di Indonesia, ia menanggapi pernyataan KH Imaduddin Utsman al-Bantani.

Polemik nasab Ba'alawi menjadi bahan perbincangan publik beberapa waktu belakangan ini, berawal dari Raja Dangdut Rhoma Irama yang mengaku heran lantaran seorang Habib ceramah di depan jemaah mengajarkan maksiat dalam Islam tidak apa-apa.

Kemudian, hal ini menjadi ramai diperbincangkan ketika Habib Bahar bin Smith dengan berapi-api menanggapi pernyataan dari Rhoma Irama.


Rhoma Irama dan Habib Bahar bin Smith. 

Ba'alawi atau Bani Alawi (keturunan Alawi) adalah nama keluarga bagi mereka yang memiliki nasab jalur laki-laki kepada Alawi bin Ubaidillah.

Sebelumnya, ulama muda NU, KH Imaduddin Utsman al-Bantani mengungkapkan soal penelitiannya tentang nasab Nabi Muhammad SAW dan keturunannya dari Fatimah, Husein, Ali Zainal Abidin sampai ke Ahmad bin Isa.

Imaduddin utsman berpandangan bahwa dirinya tidak menemukan tokoh bernama Ubaydillah yang disebut kelompok Ba'alawi sebagai anak dari Ahmad bin Isa, sekaligus tokoh yang diklaim sebagai leluhur para Habib di Indonesia.

Dia mengaku bahwa untuk meneliti nasab, kita pertama harus mengetahui contoh dari silsilah nasab itu.

KH Imaduddin Utsman al-Bantani mencari di internet, siapa dari nasab Ba'alawi ini silsilahnya ada di internet, kemudian didapatkannya dua silsilah yaitu silsilah Habib Rizieq Shihab dan silsilah Habib Bahar bin smith.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:48
02:59
01:19
02:16
04:29
01:58
Viral