Martabak manis dari kembang telang.
Sumber :
  • Abdul Rohim

Kuliner Inovatif, Martabak Manis berbahan Olahan Bunga Telang yang Bagus untuk Kesehatan Kulit

Jumat, 28 Januari 2022 - 09:01 WIB

Pati, Jawa Tengah - Bunga telang atau yang bernama Latin Clitoria ternatea selama ini banyak tumbuh liar di pekarangan rumah. Namun, di tangan Sulistiyasih, warga Desa Pagerharjo, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, bunga telang yang terkenal karena berwarna biru cerah dan dapat dimakan ini, diolah menjadi campuran bahan pembuatan martabak manis. Caranya adalah dengan diekstrak kemudian kandungan airnya digunakan sebagai bahan campuran membuat martabak manis.

Sulistiyasih mengatakan, penggunaan ekstrak kelopak bunga telang dalam olahan martabak manis, selain memberikan warna alami yang eksentrik juga dipercaya memberikan manfaat yang baik buat tubuh.

“Saya berinovasi menggunakan bunga telang untuk bahan membuat campuran martabak karena bunga telang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, penuh dengan antioksidan, termasuk pro antosianidin (yang mendukung kolagen dan elastisitas kulit) dan antosianin (mendukung kesehatan rambut dan mata),” jelasnya, Jumat (28/1/2022).

Selain banyak manfaatnya untuk kesehatan, martabak manis buatan Sulistiyani juga memiliki warna biru cerah yang memikat. Warna ini muncul dari ekstrak bunga telang yang memang dikenal sebagai pewarna alami untuk makanan.

“Semuanya menggunakan bahan-bahan alami, tidak menggunakan pewarna buatan. Mulai dari pembuatan adonan hingga krim untuk topping, saya menggunakan sari bunga telang untuk pewarnanya,” ujarnya.

Salah seorang pembeli martabak manis, Fain Musfaidah, mengaku sudah beberapa bulan ini berlangganan martabak manis buatan Sulistiyani. Selain rasanya yang enak dan menyehatkan, harganya juga cukup terjangkau.

“Rasanya enak tidak eneg, pewarnanya juga dari bahan alami bunga telang jadi ya aman lah buat kesehatan. Harganya juga cukup terjangkau, satu minggu sekali saya beli di sini kalau pas lewat di Pasucen,” kata Fain Musfaidah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral