Manco dalam kemasan, oleh-oleh khas Purbalingga ini legit, lengket dan renyah.
Sumber :
  • Sonik Jatmiko

Legit Lengket Renyah, Manco si Kue Jadul dari Purbalingga 

Kamis, 3 Februari 2022 - 09:45 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Anda tentu tahu kue manco? Ya, kue legendaris yang masuk dalam deretan daftar kue jadul. Cita rasa renyah dan manis pas dinikmati untuk waktu senggang sebagai teman minum teh atau kopi. Namun, sebagai kue jadul, pembuat manco kini tinggal sedikit. Di Purbalingga Jawa Tengah, ada satu-satunya produksi manco yang masih bertahan.

Satu-satunya perajin manco adalah Hendro Gunawan. Dapur usahanya ada di Jalan Gunung Korakan, Kelurahan Kalikabong, Purbalingga.

"Tiap hari kita masih produksi, untuk memenuhi stok di outlet sendiri dan dikirim ke luar daerah," ujar Hendro Gunawan, pemilik dapur poduksi bernama Mirasa. 

Manco adalah makanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan berbalut wijen manis. Citarasa legit dan renyah si manco disukai oleh semua umur, mulai dari anak balita hingga dewasa.

Bagi anak-anak, manco menarik karena rasa manis dari gula tebu yang membalut krispi kerupuknya. Apalagi ukuran satuan manco relatif kecil dan mudah digigit. Bagi orang dewasa, terutama manula, cita rasa manco didapat dari taburan wijen. Biji-bijian ini memunculkan cita rasa unik dengan aroma minyak yang khas. Cita rasa ini tepat saat mencecap kopi atau teh.

Kue manco dibuat dari bahan utama tepung beras ketan. Setelah dibuat adonan, lalu dikukus. Adonan yang sudah berasa manis ini lalu diiris tipis dan dijemur. 

Tahap berikutnya digoreng dalam minyak panas. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:19
02:59
02:36
20:40
01:05
03:15
Viral