Wajik, kerap dipakai untuk hidangan hajatan.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Wajik, Kudapan Tradisional Khas Jawa yang Manis dan Legit

Jumat, 11 Februari 2022 - 18:41 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Beras ketan adalah salah satu bahan kuliner khas nusantara yang bisa diolah menjadi bermacam kudapan. Salah satunya kuliner khas Jawa Tengah yaitu wajik.

Di desa, wajik kerap dipakai untuk hidangan hajatan. Biasanya berwarna coklat dengan rasa gula kelapa yang manis. Ada juga yang berwarna hijau dengan rasa dan aroma daun pandan.

Pada perkembangannya, wajik kemudian menjadi kuliner oleh-oleh yang hampir di semua daerah di Jawa Tengah membuatnya. Terutama di daerah dengan daerah tujuan wisata yang populer. Seperti Magelang, Solo, Wonosobo, maupun Semarang.

Ada sejumlah perajin yang rutin membuat untuk oleh-oleh. Ada juga pembuat wajik yang hanya menerima pesanan. Biasanya mereka membuat pada Jumat hingga Minggu karena pengunjung wisatanya meningkat, atau pada hari-hari tersebut banyak acara hajatan.

Untuk membuat wajik dibutuhkan kesabaran karena cukup menyita waktu. Paling tidak empat jam lamanya. Bahan bakarnya juga pakai kayu, karena selain menambah aroma tradisional, juga panasnya merata ke seluruh wajan besar yang dipakai untuk memasak.

"Sekali mbuat itu ketannya lima kilo. Karena kalau cuma sekilo eman-eman kayunya, boros. Tenaganya juga cucuk kalau sekalian mbuat banyak karena kan harus diaduk terus supaya bawahnya tidak gosong," kata Marni, pembuat wajik di Semarang.

Bahan baku wajik selain ketan adalah kelapa tua, gula aren atau gula kelapa, garam, daun pandan, dan vanili. Kalau wajik pandan warna hijau, gulanya memakai gula pasir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:36
16:24
01:36
05:01
05:27
01:12
Viral