Bir pletok dengan warna kemerahan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Bir Pletok, Minum Ini Badan Jadi Segar dan Dijamin Tidak Mabuk

Rabu, 23 Februari 2022 - 09:18 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Namanya memang bir. Tapi yang ini tidak bikin mabuk, justru membuat badan jadi segar. Apa sebab? Karena bir pletok terbuat dari bahan rempah-rempah yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Di Semarang, bir pletok dibuat oleh para perajin minuman tradisional, terutama di daerah berhawa dingin. Seperti di Limbangan Kendal dan di Bandungan. Dengan manfaat menghangatkan tubuh, maka minuman ini memang sangat cocok untuk mengusir hawa dingin.

Secara tampilan, bir pletok berwarna merah muda yang agak pekat. Warna tersebut berasal dari serutan kayu secang yang memang menghasilkan warna merah alami.

Salah satu yang meracik bir pletok adalah Bu Mia (40). Warga Bandungan Kabupaten Semarang ini membuat dan memasarkan bir pletok serbuk kering hingga ke Semarang dan Kendal. Racikannya dikemas dalam plastik kecil sehingga lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Nantinya akan diseduh dengan air panas dan diminum hangat-hangat.

"Jadi awalnya duiu kan mbuat minuman dalam bir pletok ini bentuk cair ya. Tapi kan jualnya jadi terbatas. Lalu banyak yang nanya. Terus ada ide untuk membuat bir pletok serbuk siap seduh," cerita Bu Mia saat menyetor serbuk bir pletok di tempat wisata kuliner dekat Limbangan Kendal.

Bahan yang dipakai untuk membuat bir pletok lebih dari sepuluh jenis. Ada rempah seperti jahe, daun serai, cengkeh, kayu manis, biji pala, bunga lawang atau pekak, serta serat kayu secang. Juga ada tambahan daun jeruk dan daun pandan untuk memberi aroma segar wangi.

Jahe adalah bahan rempah utama dari bir pletok. Komposisinya paling banyak. Dari berbagai literatur, jahe punya rasa pedas dan hangat sehingga sering dipakai untuk meringankan gejala perut kembung atau flu ringan. Jahe juga berkhasiat sebagai karminativum atau dapat merangsang keluarnya gas dari perut sehingga mampu mengobati masuk angin.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:05
02:23
01:56
09:16
02:24
02:20
Viral