Pelindung radiator motor Honda CBR 250RR.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

Motor Overheat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Senin, 30 Mei 2022 - 13:37 WIB

Yogyakarta - Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, kendaraan bermotor pun ikut berkembang. Salah satunya adalah sepeda motor yang kini sebagian besar telah dibekali mesin dengan performa yang lebih tinggi.

Demi memberikan pengalaman berkendara yang lebih seru, para produsen terus berinovasi mengembangkan dan merancang jantung pacu kendaraan. Tujuannya agar dapat menghasilkan tenaga besar dengan meminimalisir konsumsi bahan bakar. 

Salah satu teknologi untuk meredam panas yang dihasilkan adalah dengan adanya fitur radiator. Seperti yang dikutip dari Viva Otomotif, Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro memberikan beberapa hal yang berpotensi menyebabkan kondisi overheat pada mesin sepeda motor.

1. Cairan pendingin habis 
Jika cairan pendingin kurang dari jumlah standar yang seharusnya, atau bahkan sampai kehabisan, mesin berpotensi besar akan mengalami overheat. Hal tersebut dikarenakan sistem pendinginan mesin tidak akan dapat bekerja secara ideal.

2. Kipas radiator mati 
Kipas radiator berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin. Apabila kipas radiator mati atau tidak berfungsi dengan baik, maka menyebabkan cairan pendingin menjadi lebih cepat panas dan tidak bekerja optimal. 

3. Thermostat tidak bekerja 
Thermostat adalah salah satu jenis komponen yang termasuk dalam sistem pendingin. Jika komponen ini tidak bekerja dengan baik atau tidak terbuka saat temperatur mesin tinggi, maka cairan pendingin tidak akan mengalir menuju mesin, sehingga menyebabkan overheat. 

4. Sensor temperatur mesin bermasalah 
Sensor temperatur yang bermasalah tidak dapat membaca kondisi temperatur dengan benar. Kesalahan informasi dari sensor akan mempengaruhi kinerja mesin saat dihidupkan atau lampu indikator high temperature akan menyala. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral