Perajin batik Kudus menunjukkan batik tulis bermotif cerita rakyat kretek.
Sumber :
  • Galih Manunggal/tvOne

Indahnya Batik Cerita Rakyat Kretek Karya Perajin Asal Kudus

Rabu, 27 Juli 2022 - 11:24 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Seorang perajin batik asal Kudus berinovasi dengan mengeluarkan produk motif batik terbaru, yaitu batik tulis cerita rakyat kretek.

Berlokasi di galeri Muria Batik Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Yuli Astuti menceritakan awal mula membuat batik tulis cerita rakyat kretek itu. Dia meluncurkan batik tersebut pada awal 2022.

Ide awal membuat batik tersebut adalah untuk menggali motif Kudusan kuno. Hal itu sebagai bentuk melestarikan kearifan lokal.

"Supaya masyarakat Kudus juga tahu tentang Kudus yang dikenal dengan kota kretek. Proses pembuatan rokok itu seperti ini tahapannya," kata Yuli, Selasa (26/7/2022).

Batik tulis cerita rakyat kretek memiliki latar belakang warna hitam. Pada batik tersebut terdapat kegiatan warga yang berkaitan dengan proses pembuatan rokok. Dilengkapi juga dengan latar belakang Gunung Muria.

"Di batik ini terdapat kegiatan menanam tembakau, ada warga yang memetik tembakau dan cengkeh, ada juga yang menjemur tembakau,” ujarnya.

Proses pembuatan satu lembar batik tulis cerita rakyat kretek berukuran 2,5 meter x 1,05 meter itu memakan waktu tiga sampai empat bulan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral