Penampilan sendratari Ramayana Ballet Prambanan di India (Dok PT TWC)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Ramayana Ballet Prambanan Sukses Memukau Penonton 5 Kota di India

Jumat, 28 Oktober 2022 - 20:35 WIB

Sleman, DIY - Pertunjukan sendratari Ramayana Ballet Prambanan memulai kembali debut internasionalnya setelah masa pandemi Covid-19. Pentas yang menjadi ikon atraksi budaya di kawasan Candi Prambanan ini melakukan road show ke 5 kota di India.

"Setelah vakum pertunjukan offline selama masa pandemi, kami sangat antusias untuk mengirim penari terbaik kami mementaskan Ramayana versi Indonesia secara langsung di Mumbai India," kata Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT TWC Hetty Herawati, Jumat (28/10/2022).

Pertunjukan Ramayana Ballet di India berlangsung pada 10 hingga 22 Oktober 2022. Di sana, Ramayana Ballet Prambanan menggelar 6 kali pertunjukan di 5 kota, yakni Mumbai, Surat, Gandhinagar, New Delhi serta Ayodhya.

Menariknya, pertunjukan tersebut menjadi yang pertama kali dipentaskan dalam sebuah rangkaian diplomasi budaya dengan menyatukan sendratari, fashion dan pengalaman kuliner dalam satu pertunjukan.

Diplomasi budaya ini bertujuan untuk merayakan dan mempererat hubungan baik Indonesia–India, serta sebagai salah satu implementasi dari kerjasama promosi destinasi wisata sejarah “Twin Heritage Program” antar kedua negara.

Pertunjukan ini merupakan road show internasional pertama setelah pandemi yang digagas oleh KJRI Mumbai dan PT TWC. Apalagi setelah melihat antusiasme dan respon positif masyarakat India dalam pertunjukan virtual sendratari kolosal Ramayana yang digelar langsung dari Candi Prambanan pada masa pandemi, September 2020 silam.

"Ini merupakan lawatan internasional terpanjang dan melibatkan 19 seniman tari dan musik Ramayana Prambanan. Tidak hanya diminati masyarakat India, di Mumbai, pertunjukan Ramayana yang dikemas dalam resepsi diplomatik juga sukses memukau tamu negara lainnya," ujar Hetty.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:15
08:43
02:40
08:39
09:38
02:26
Viral