Masjid Agung Sibolga.
Sumber :
  • Tim Tvone/Swandi

Kilas Masjid Agung Sibolga, Menaranya Berfungsi Sebagai Mercusuar

Rabu, 15 Maret 2023 - 16:10 WIB

Sibolga, tvOnenews.com - Kota Sibolga adalah satu dari 33 daerah tingkat II di Sumatera Utara, berlokasi di pantai barat pulau Sumatera pada kawasan Teluk Tapian Nauli, seluas 10 km persegi.

Sibolga merupakan kota terkecil di Indonesia dan Sumatera Utara, mayoritas dihuni penduduk muslim yang selalu hidup rukun dengan penganut agama lain.

Berjuluk Negeri Berbilang Kaum perekat umat beragama, Sibolga cukup dikenal sebagai daerah damai, jauh dari konflik sosial meski harus berdampingan dengan suku dan agama berbeda.

Berkat kedamaian itu, Sibolga tak jarang disinggahi masyarakat luar kota hingga mancanegara, selain tersuguh panorama alam nan indah dan beragam lokasi wisata bahari.

Berbagai aktivitas keagamaan sering terlihat di rumah ibadah, terutama saat hari besar atau hari dianggap sakral. Keberagaman kian tergambar, saat masyarakat saling dukung satu sama lain.

Toleransi umat beragama ini seolah ‘mempercantik’ wajah Sibolga di mata para wisatawan untuk tertarik berkunjung, khususnya di bulan suci Ramadhan.

Salah satu lokasi yang cocok untuk dikunjungi, tidak lain adalah masjid tertua di Kota Sibolga, yakni Masjid Agung berusia 115 tahun, yang cukup menarik untuk diulas.

Sejarah Masjid Agung dan Bangunannya

Pertama kali, Masjid Agung Sibolga didirikan sekitar tahun 1908 silam, sejalan dengan lahirnya Pergerakan Nasional di tanah air.

Pendiri pertama Masjid Agung yakni Imam Haluddin dan kemudian dilanjutkan H Jamaluddin dibantu partisipasi masyarakat Sibolga.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:58
00:42
02:45
00:54
07:31
11:58
Viral