Ilustrasi Wanita yang sedang Sakit Karena Menstruasi.
Sumber :
  • freepik

Amalan-amalan yang Dapat Dilakukan Wanita Haid di Bulan Ramadhan, yang Utama Hindari Ghibah!

Selasa, 4 April 2023 - 16:25 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Datangnya bulan Ramadhan adalah kabar gembira bagi seluruh umat Islam di dunia. Oleh karenanya, seluruh umat Islam saling berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala dari Allah SWT. 

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana semua umat Islam diwajibkan untuk berpuasa, bulan di mana semua pahala kebaikan dilipat-gandakan oleh Allah sampai  70 kali lipat, bulan di mana terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar, bulan di mana setiap muslim yang berbahagia saat datangnya bulan tersebut jasadnya tidak akan dibakar oleh api Neraka.

Orang Islam yang berpuasa di bulan Ramadhan mendapatkan banyak keberkahan dan pahala yang tak terhingga dari Allah SWT sebagaimana yang terdapat di dalam Hadis qudsi Allah berkata,

“Semua kebaikan anak Adam akan dilipat-gandakan sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat kecuali puasa, maka itu adalah urusanku dan aku yang akan memberikan pahalanya”. 

Sayangnya, keberkahan ini tidak bisa dirasakan oleh semua umat Islam karena mereka berhalangan untuk melakukan puasa bahkan diharamkan, seperti wanita yang sedang haid atau menstruasi.

Namun hal ini tidak menjadi penghalang untuk mendapatkan keberkahan dan pahala bulan Ramadhan. Berikut ini adalah amalan-amalan yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid pada saat bulan Ramadhan:


Ilustrasi Sedekah (Ist)

1.      Memperbanyak Sedekah

Bersedekah adalah amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah, karena Rasulullah adalah manusia yang dermawan maka sudah sepantasnya umat muslim meniru tauladan beliau, lebih-lebih bersedekah di bulan Ramadhan.

Hal ini karena bersedekah di bulan Ramadhan adalah sebaik-baik sedekah, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi; Rasulullah berkata,

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral