Keramaian warga Banyuwangi berburu nasi tempong untuk berbuka puasa, Selasa (11/4) sore..
Sumber :
  • tvOne - happy Oktavia

Lezatnya Nasi Tempong, Kuliner Legendaris Banyuwangi yang Diburu untuk Berbuka

Selasa, 11 April 2023 - 17:09 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Puasa identik dengan kuliner khas, tak terkecuali di Banyuwangi. Selama puasa, nasi tempong, kuliner legendaris Kota Gandrung banyak diburu untuk berbuka. Sambalnya yang pedas membuat warga tertarik untuk hidangan di malam hari.

Salah satu nasi tempong legendaris di Banyuwangi adalah Mbok Nah. Saat puasa, warung di Jalan Kolonel Sugiono, Kelurahan Kertosari ini menjadi jujugan favorit. Pengunjungnya meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Selain menu lauknya yang beragam, kuliner ini harganya sangat murah. Satu porsi biasa hanya dibandrol Rp 10.000.

Nasi tempong adalah nasi putih dengan lauk sayuran. Disiram sambal tomat dan terasi ekstra pedas. Rasanya nendang di lidah. Biasanya, dibarengi lauk tahu dan tempe goreng. Bisa juga dengan ayam goreng, ikan goreng atau telur dadar. Warga menyantapnya dengan tangan. Rasanya akan lebih nikmat. 

“Ini menu favorit ketika buka puasa. Pedasnya nendang bercampur gurih,” kata Yaqin, salah satu pengunjung, Selasa (11/4) sore.

Warga memilih menu nasi tempong untuk berbuka lantaran porsinya yang banyak. Lalu, penyajiannya cepat. 

“Kita tak perlu menunggu lama untuk berbuka. Datang, langsung dilayani,” kisahnya.

Nasi tempong Mbok Nah ini mulai berdiri sekitar tahun 1990-an. Berawal dari warung kecil, kini warungnya berubah menjadi jujugan warga lokal dan wisatawan. Selama puasa, omzet warung ini naik tajam. Bisa tembus Rp10 juta per hari. Ketika hari biasa, omzetnya rata-rata sekitar Rp7,5 juta. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral