Jawaban Cerdas Ustaz Adi Hidayat saat Ditanya Hukum Yasinan untuk Orang Meninggal Dunia kala Takziah.
Sumber :
  • Kolase tvOnenews.com

Jawaban Cerdas Ustaz Adi Hidayat saat Ditanya Hukum Yasinan untuk Orang Meninggal Dunia kala Takziah

Minggu, 30 Juli 2023 - 15:47 WIB

tvOnenews.com - Dalam sebuah kesempatan ceramahnya Ustaz Adi Hidayat mendapat pertanyaan tentang hukum membacakan surat Yasin kepada orang yang sudah meninggal dunia saat takziah.

Namun sebelum membahas hukum bacaan surat Yasin, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan terlebih dahulu makna dari kata takziah yang ternyata artinya bukan melayat. 

“Takziah berasal dari kata aza yang berarti tinggi. Kalau ditambah huruf ‘ta’ di depannya dan huruf ‘ya’ di akhir menunjukkan makna usaha yang serius dan sungguh-sungguh untuk mengangkat atau menaikkan sesuatu,” jelas Ustaz Adi Hidayat. 

Sesuatu yang diangkat dalam hal ini adalah mengangkat  atau memunculkan kembali amalan-amalan baik orang yang meninggal itu. Supaya bisa terangkat kembali dan diketahui kepada orang-orang yang belum meninggal sebagai inspirasi.

“Maka Nabi ﷺ berpesan kalau ada yang meninggal dunia ayo angkat kebaikan-kebaikannya, tutup aibnya. Karena ada orang-orang yang bahkan sudah meninggal dunia masih dibicarakan aibnya,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Di antara orang yang masih dibicarakan keburukannya setelah lebih 15 abad meninggal adalah Abu Jahal, Abu Lahab, Firaun, dan lainnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:23
01:17
01:35
01:32
01:25
03:14
Viral