Amalan yang Bisa Jadi Pengganti Sedekah, Apakah Itu? Ternyata Kata Buya Yahya Lakukanlah Ini.
Sumber :
  • Tangkapan Layar/YouTube Al-Bahjah TV

Amalan yang Bisa Jadi Pengganti Sedekah, Apakah Itu? Ternyata Kata Buya Yahya Lakukanlah Ini

Kamis, 23 November 2023 - 07:47 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dalam sebuah ceramah, Buya Yahya menjelaskan bahwa ada satu amalan yang bisa menjadi pengganti sedekah.

Amalan ini kata Buya Yahya dapat mewakili syukur kita atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan.

Tak hanya itu, kata Buya Yahya siapa yang melakukan amalan ini maka akan dijaga oleh Allah SWT.

“Makna dijaga oleh Allah bukan hanya sehat, tapi dijaga untuk tidak melakukan yang haram,” kata Buya Yahya dikutip tvOnenews.com pada Kamis (23/11/2023) dari kanal YouTube Al-Bahjah TV.

Lantas apakah amalan apakah yang dimaksud oleh Buya Yahya?

“Lakukanlah dhuha,” kata Buya Yahya.

Shalat dhuha yang kita laksanakan itu mewakili syukur atas nikmat Allah yang diberikan kepada kita,” jelas Buya Yahya menambahkan.

Berikut hadits Rasulullah SAW yang menjelaskan bahwa shalat dhuha dapat menjadi pengganti sedekah bagi seluruh persendian dalam tubuh manusia, dilansir dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI).

عَنْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

Dari Abu Dzarr, dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Ada sedekah (yang hendaknya dilakukan) atas seluruh sendi salah seorang dari kalian. Karena itu setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar makruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan semuanya itu dapat tercukupi dengan dua rakaat dhuha.” (HR. Muslim no. 720)

Shalat Dhuha Lebih Baik Dilaksanakan di Kantor Apa di Rumah?

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
19:03
01:10
05:31
01:03
01:11
01:04
Viral