Presiden Joko Widodo (Jokowi) respons keputusan NU dan Muhammadiyah terima izin usaha tambang.
Sumber :
  • Setpres

Ikuti Jejak NU, Muhammadiyah Akhirnya Terima Izin Tambang, Jokowi Beri Ketegasan: Kita Sudah Putuskan itu

Sabtu, 27 Juli 2024 - 03:12 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memutuskan ikut jejak Nahdlatul Ulama (NU) menerima konsesi tambang mendapat respons dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi menyampaikan alasan izin usaha pertambangan (IUP) diberikan kepada ormas keagamaan, salah satunya NU dan Muhammadiyah sebagai bentuk pemerataan ekonomi dilakukan oleh pemerintah.

"Kita ingin keadilan ekonomi," ujar Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Batang, Jawa Tengah dikutip, Sabtu (27/7/2024).

Ia memahami pemerintah telah memutuskan ormas keagamaan dan kemasyarakatan diberikan kewenangan mengelola tambang menuai kontroversi publik.

Ia mendengar kontroversi NU dan Muhammadiyah menerima tawaran IUP telah disampaikan oleh masyarakat Indonesia yang menganggap pemerintah hanya berpihak kepada organisasi atau perusahaan besar.


Logo Muhammadiyah. (ANTARA)

"Banyak yang complain kepada saya, ‘Pak kenapa tambang-tambang itu hanya diberikan kepada yang gede-gede, perusahaan-perusahaan besar. Kami pun kalau diberikan konsesi itu juga sanggup kok’," katanya saat mengutip pendapat berbagai pihak.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral