Besok Jadwal Puasa Sunnah Pertama di Bulan Safar, Mengapa Rasulullah Selalu Puasa Senin Kamis? Kata Buya Yahya Ternyata Karena Ini….
Sumber :
  • Tangkapan Layar/YouTube Al-Bahjah TV

Besok Jadwal Puasa Sunnah Pertama di Bulan Safar, Mengapa Rasulullah Selalu Puasa Senin Kamis? Kata Buya Yahya Ternyata Karena Ini…

Rabu, 7 Agustus 2024 - 12:11 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Jadwal puasa sunnah di bulan Safar 1446 H/2024 M yang pertama jatuh pada esok hari, kamis (8/8/2024).

Setiap hari kamis, Rasulullah SAW memang selalu berpuasa. Oleh karenanya ada yang namanya puasa senin kamis.

Hal itu ternyata kata Buya Yahya salah satu alasannya, karena hari itulah amal disodorkan dan diperiksa.

"Bagaimana amal disodorkan kepada Allah, sementara Allah SWT sudah Maha Tahu, begitulah Allah yang membuat aturan dan jangan protes," kata Buya Yahya.

Berikut hadis yang menguatkan  hal di atas.

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR At-Tirmidzi dan lainnya).

Kata Buya Yahya, Rasulullah SAW senang ketika amal ibadahnya dipamerkan di depan Allah SWT di saat dirinya sedang menjalankan puasa. 

"Pokoknya senin dan kamis itu selalu diperhatikan,” tandasnya.

“Nabi tidak akan memperhatikan sesuatu ada kelebihannya dan kelebihannya sudah disebutkan tadi, bahwasanya kelebihannya itu di hari kelahiran nabi dan hari disodorkan amal ibadah nabi kepada Allah SWT," sambungnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:48
05:06
13:45
01:15
06:07
02:25
Viral