Ketika Kemampuan Belum Maksimal Membaca Huruf Arab, Apakah Boleh Ngaji pakai Latin? Buya Yahya Ungkap Hukumnya dala. Islam Jangan sampai....
Sumber :
  • dok.ilustrasi freepik

Ketika Kemampuan Belum Maksimal Membaca Huruf Arab, Apakah Boleh Ngaji pakai Latin? Buya Yahya Ungkap Hukumnya dala. Islam Jangan sampai...

Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com--Ketika anda belum mampu atau lancar dalam membaca Al Quran ini jadi tantangan tersendiri. Apalagi umat muslim mempunyai kewajiban untuk bisa membaca ayat-ayat suci Allah SWT. 

Sebagaimana, dipahami ayat-ayat suci Allah SWT di Al Quran itu berbahasa arab. Namun, memungkinkan masih ada yang belum bisa membaca atau mengaji

Dengan fenomena tersebut, muncul pertanyaan bagaimana hukum membaca latin (huruf abjad) saja?. Hal ini akan dijawab Buya Yahya yang dikutip dari YouTube Al Bahjah Tv, pada Selasa (22/10/2024). 

Buya menjelaskan kalau pembacaan latin, seperti Bismillahirrahmanirrahim, perlu didengerkan seperti apa cara bacanya. 

"Catatan ini dipakai. Kalau gak pakai catatan, gak sah. Bisa saja masuk ke wilayah dosa karena tidak sesuai dengan makhrajnya. Karena bahasa Arab bahasa khusus,” kata Buya Yahya.

Dengan begitu, hukum dalam Islam untuk membaca latin itu diperbolehkan. Menurut Buya Yahya boleh jika dibarengi niat belajar sungguh-sungguh.

Jika belum ada kesempatan belajar, Buya menyarankan lebih baik mendengarkan rekaman ayat-ayat Al Quran dan mempraktikkannya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:28
00:40
01:47
01:34
03:44
02:58
Viral