Ilustrasi etika bermain media sosial melalui handphone.
Sumber :
  • Istockphoto

Demi Wujudkan Etika Media Sosial, MUI Geber Kampus sebagai Motoriknya

Minggu, 27 Oktober 2024 - 17:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wakil Sekretaris Jenderal MUI Bidang Infokom, Asrori S. Karni mengatakan pihaknya mendorong kampus agar bersosialisasi tentang etika media sosial.

Dalam gelaran program Goes to Campus, Asrori menyebutkan MUI sangat menekankan kampus sebagai penggerak dalam meningkatkan etika bermain media sosial. Ia menyampaikan program itu saat melakukan kunjungan ke kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Program Goes to Campus, kata Asrori, sebagai bentuk kolaborasi yang diciptakan oleh MUI dan UIN Jakarta. Ini bertujuan etika digital sangat penting sesuai Fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2017 tentang Bermuamalah di Media Sosial.

"Fatwa itu yang memberikan pedoman agar tidak menyebarkan informasi yang tidak valid, seperti berita hoax dan fitnah," ungkap Asrori di Studium General Digital Ethic di Ruang Teater Fakultas IImu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidkom) UIN Jakarta dikutip, Minggu (27/10/2024).

Wakil Sekretaris Jenderal MUI Bidang Infokom, Asrori S. Karni
Sumber :
  • MUI

 

Dalam Fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2017, ia menuturkan ada panduan berisi tentang larangan namimah alias adu doma, bullying, caci maki atau ujaran kebencian, larangan penyebaran materi bersifat maksiat dan pornografi, dan larangan kegiatan adanya unsur penyimpangan syariat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:35
10:00
14:08
01:31
01:18
01:20
Viral