manfaat buah kurma bagi tubuh manusia.
Sumber :
  • freepik

Manfaat Kurma yang Terbukti Ampuh Mengatasi Berbagai Penyakit, Apa Saja?

Jumat, 1 April 2022 - 16:55 WIB

Meski memiliki bentuk yang kecil dan mungil, ternyata manfaat kurma cukup banyak bagi kesehatan tubuh. Kurma memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Tingginya serat yang terkandung dalam kurma, dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Selain itu, dapat mengenyangkan meskipun hanya memakan beberapa biji saja.

Oleh karena itu, buah kurma menjadi hidangan wajib saat sahur maupun berbuka puasa. Sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW, yang telah tertuang dalam hadist bahwa kurma menjadi salah satu buah istimewa, karena kehadirannya sangat dinanti untuk dinikmati di kala bulan Ramadhan.

Ternyata, Indonesia menjadi negara yang cocok untuk di tanami pohon kurma dari segi iklim yang tropis panas dan kering menyerupai daerah asalnya yaitu Timur Tengah dan wilayah Afrika Utara seperti Mesir. Jenis tanah yang pas juga mendukung untuk pohon kurma tumbuh dengan baik di Indonesia.

Kurma memiliki nama latin yaitu phoenix dactylifera yang bisa tumbuh lebih dari puluhan meter setiap satu pohonnya kurma bisa menghasilkan 170 kilogram. Pada awal 4000 sebelum masehi tepatnya saat prasejarah,  buah kurma sudah mulai dibudidayakan. Kurma masuk ke Indonesia saat dibawa oleh pedagang Mesir yang melakukan perdagangan dengan Indonesia. Pohon ini pertama kali tumbuh dan berbuah di Surabaya, Jawa Timur pada tahun 2004 lalu. 

Kurma sangat enak di nikmati dari segala jenis. Kurma muda biasanya berwarna merah terang kekuning-kuningan dan rasanya tidak lembek seperti kurma pada umumnya. Kurma muda ini bertekstur keras dan rasanya masam, seperti buah sawo.

Bagi masyarakat Indonesia, kurma ajwah termasuk salah satu oleh-oleh wajib dari tanah suci. Kurma ini juga dikenal sebagai kurma Nabi. Namanya diambil dari sahabat Rasul, sahabat Salman Alfarisi yang bernama Ajwah.

Kurma Ajwah memiliki ciri khas berupa ukuran yang lebih kecil dan bentuk sedikit bulat. Warnanya sangat pekat cenderung hitam. Sementara, daging buahnya agak kering dan memiliki rasa manis yang legit buah ini di katakan buah istimewa juga karena dapat tumbuh dan menghasilkan buah lebih dari 100 tahun dari pertama di tanam.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:59
05:24
02:29
01:42
01:43
08:03
Viral