Amalan-amalan Wanita Haid saat Ramadhan Agar Tetap Mendapat Pahala Berlipat.
Sumber :
  • envato

Amalan-amalan Wanita Haid saat Ramadhan Agar Tetap Mendapat Pahala Berlipat

Selasa, 12 April 2022 - 14:51 WIB

Bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim. Namun, tidak semua orang dapat merasakan puasa selama satu bulan penuh terutama bagi wanita baligh karena mengalami haid atau menstruasi. 

Kendati demikian, bukan berarti wanita haid tidak bisa beribadah dan mendapatkan lipatan pahala di bulan suci Ramadhan. Mereka tetap bisa beribadah dengan melakukan amalan lainnya.

Oleh karena itu, amalan wanita haid saat Ramadhan penting untuk diketahui. Pasalnya, tidak semua amalan boleh dilakukannya. 

Mengutip dari situs NU Online, Selasa (12/4/2022), dalam kitab Taqrib dijelaskan, ada delapan jenis ibadah yang dilarang bagi perempuan yang sedang haid atau nifas, yakni sholat, puasa, membaca Al-qur'an, menyentuh dan membawa mushaf, masuk masjid, thawaf, ijma (melakukan hubungan intim), dan bersenang-senang di sekitar organ kemaluan. Beberapa larangan ini tentu tidak boleh diamalkan oleh wanita haid. 

Simak, berikut ini penjelasan terkait amalan-amalan yang dapat dilakukan wanita haid saat bulan Ramadhan.

1. Menjalankan sedekah subuh

Adakalanya wanita haid atau yang sedang berhalangan juga ikutan sahur. Setelah sahur, dianjurkan untuk melakukan sedekah subuh agar hari-harinya menjadi semakin berkah. 

Sedekah subuh saat Ramadhan bisa dilakukan salah satunya dengan memberi makan siapapun yang tinggal di jalanan, termasuk hewan contohnya seperti memberi makan kucing liar.

Perlu diketahui, pada waktu subuh, dua malaikat turun ke bumi untuk mendoakan orang-orang yang bangun di pagi hari. Jadi, selepas sholat subuh jangan tidur dulu, ya! Awali hari dengan kegiatan bermanfaat serta berdoa agar aktivitas dimudahkan oleh Allah SWT. 

Bagaimana cara melakukan sedekah subuh yang tepat?

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral