ilustrasi khutbah Jumat.
Sumber :
  • Antaranews/M Ifdhal

Bolehkan Kita Berdzikir Saat Khatib Sedang Membacakan Khutbah Jumat? Berikut Penjelasannya

Minggu, 18 September 2022 - 11:46 WIB

tvOnenews - Berdzikir merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim, dimana kita akan mengingat Allah, melantunkan pujian, serta memohon ampunan kepada-Nya.

Dalil berdzikir sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, 

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ حِينَ يَذْكُرُنِي فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلإٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلإٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ وَإِنِ اقْتَرَبَ إِلَىَّ شِبْرًا اقْتَرَبْتُ مِنْهُ ذِرَاعًا وَإِنِ اقْتَرَبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا اقْتَرَبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً‏‏

"Allah berfirman, ‘Aku memperlakukan hambaku seperti dia berharap aku akan memperlakukannya. Aku bersamanya setiap kali dia mengingat Aku: jika dia memikirkan Aku, Aku memikirkannya; jika dia menyebut-Ku di dalam jiwanya,  Aku menyebut dia di diriku, Jika dia menyebut-Ku dalam level tertentu, Aku akan menyebutnya yang lebih baik.

Jika dia mendekat kepada-Ku satu jengkal tangan, Aku mendekatinya sejauh lengan; dan jika dia mendekat kepada-Ku sejauh satu lengan, Aku semakin mendekat dengan jarak dua tangan yang terentang lebih dekat dengannya; dan jika dia mendatangiKu dengan berjalan, Aku pergi padanya sambil berlari’." (Al-Bukhari dan Muslim)

Berdzikir dianjurkan untuk diamalkan setiap hari, bahkan Di dalam al-Quran kata dzikir diterangkan berulang kali di berbagai ayat. Salah satunya dalam Quran Surah Al-Ahzab

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كَثِيرًا وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلاً

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
19:03
01:10
01:14
05:31
01:03
01:11
Viral