LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
News Bola Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Pertunjukan Teater Mandiri dengan Lakon "Aduh" di Teater Salihara, Jakarta.
Sumber :
  • Bajo Winarno

"Aduh" dan Eksperimentasinya, Lima Puluh Tahun Kemudian

Teater Mandiri mementaskan kembali “Aduh” karya Putu Wijaya, sebuah karya yang jadi “tonggak” pemberontakan seni pada 1970-an. Pertunjukan agak tegang, sedikit kehilangan unsur bermain-main.

Minggu, 12 Mei 2024 - 08:12 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Teater Mandiri mementaskan kembali “Aduh” karya Putu Wijaya, sebuah karya yang jadi “tonggak” pemberontakan seni pada 1970-an, apa yang masih kita bisa baca saat ini saat skena teater sudah menjelajah ke banyak horison baru yang sangat luas?

Panggung lengang. Hanya ada layar hitam, tak ada satu pun peralatan pentas lain di ruang pentas. Saat lampu meredup, perlahan lahan menyala secercah sinar seperti melayang layang mencitrakan kunang kunang.

Lalu suara gemuruh sirene melengking lengking, tak lama sosok sosok manusia berjumpalitan ke luar, menarik narik layar, berteriak, saling memberi semangat untuk bekerja lebih giat saat seorang aktor tampak kelelahan. Adegan seperti dalam kesibukan kerja. Lalu sirene berhenti. Seseorang masuk dan berkata: “Ayo semangat, kerja jangan hanya pada saat ada sirene saja.”

Suasana seperti tegang sejak awal. Lalu tempo pertunjukan tak juga menurun sepanjang dua jam pertunjukan, dibangun dengan ping pong dialog antar pemain merespon seorang aktor  bercawat dan berselimut kain putih yang mengerang “aduh” dan menciptakan seluruh peristiwa.

Baca Juga :

Salah satu kekuatan Teater Mandiri adalah selalu punya daya menggaet segala elemen ke dalam panggung. Putu Wijaya menyebutnya dengan kredo “bertolak dari yang ada”. Layar hitam yang selalu tampak berkibar kibar, mengkerut, berpilin atau centang perenang karena ditarik tarik pemainnya misalnya menciptakan imajinasi yang beragam. Atau, seorang pemain tiba tiba berteriak histeris ketika buah timun –yang dibuat seadanya dari gulungan kertas koran---yang akan dia makan “kerasukan” arwah mayat yang terbujur di depannya. Penonton tergelak dengan situasi tersebut.

Putu Wijaya dengan lakon Aduh digolongkan dalam penulis lakon baru di Indonesia bersama naskah Tengul atau Kapai Kapai karya Arifin C Noer. (Sumber Foto: Bajo Winarno)

 

Tapi pertunjukan ulang Aduh setelah lima puluh tahun di Teater Salihara pada Sabtu 11 April 2024 lalu seperti kehilangan aspek bermain-main. Saat dipentaskan selama tiga hari berturut turut di Teater Arena Taman Ismail Marzuki pada 1974, Teater Mandiri menampilkannya dengan sangat rilek, santai. Majalah Tempo menulis pertunjukan dengan bingkai “kapankah sandiwara benar benar mulai?”

“Dalam sunyi, seorang pemain diiringi perempuan pelayan maju ke bagian depan. Ia melepas baju tinggal singlet, mengganti celananya dengan komprang dan diberi kerudung selimut kumal. Perempuan kembali ke belakang, sedang pemain ini pelan-pelan melangkah: mengerang, gemetar, meliuk-liuk, dan menunjukkan dialah orang sakit itu. Sirene sudah berhenti. Semua orang satu-persatu sudah bergerak. Sandiwara sudah dimulai,”  

Dengan pembuka yang santai, nakal, bermain-main ini, Putu saat itu memberi tawaran segar, pentas seperti  bergerak antara permainan formil dan hidup keseharian. Pertunjukan banyak memancing suasana tawa. Tapi, tetap ada situasi asing, pahit dan melonkoli dari suasana yang diciptakan di atas pentas.

Semua tokoh tokohnya tak memiliki nama, hanya mengesankan dari lapisan bawah yang lugu dan seringkali naif. (Sumber foto: Bajo Winarno)

 

Aduh dari semula memang sebuah main-mainan. Dengan bermain main Putu tampak sangat peka, sugesti pada tingkah-tingkah kecil, logika sungsang, pikiran jungkir-balik.

 “Orang waras”, yang membaca naskah ini, tak mungkin bisa menerima misalnya: orang sakit yang sampai matinya tidak ditolong oleh khalayak yang justru terus-menerus bertanya-tanya. Alakah mayat yang memberat dan tak bisa mereka angkat, yang akhirnya dicemplungkan ke dalam sumur? Adakah mayat yang tidak bisa diketahui jenis kelaminnya? Atau roh yang hinggap dalam mentimun, walaupun mungkin bagi orang Bali semuanya bukan cerita yang aneh?” tulis Majalah Tempo.

Dalam pentas ulang, penampilan Jose Rizal Manua patut diberi pujian. Menjelang usia 70 tahun, ia masih bisa bermain dengan stamina yang terjaga. Ia masih sanggup pingpong dialog dengan pemain muda dengan ritme dan artikulasi yang terjaga  meski sambil terus menerus bergerak tanpa henti.

Naskah Aduh bagian dari gerakan avant garde pada 1970-an yang marak di Indonesia setelah Taman Ismail Marzuki berdiri pada 1968. Naskah ini lalu menang dalam Sayembara Naskah Drama Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) 1973.

Goenawan Mohamad dalam tulisan Sebuah Pembelaan untuk Teater Indonesia Mutakhir menyebut Aduh-Putu Wijaya masuk dalam lakon lakon baru di Indonesia bersama naskah Tengul atau Kapai Kapai karya Arifin C Noer.

Naskah naskah yang lahir dari pergulatan di ruang ruang latihan semacam Aduh, bagi Goenawan, harus disikapi secara baru. Naskah Bebasari-nya Roetam Effendi, Sayang Ada Orang lain dari Utuy Tatang Sontani atau Barabah karya Motinggo Buesje, misalnya meski ditulis sebagai lakon, bisa diubah sebagai novel tanpa perubahan yang berarti.

“Bahkan bisa dikaji sebelum atau tanpa dilakonkan di atas pentas,” ujar Goenawan.

Sementara, untuk naskah baru seperti  Aduh,  sejak awal pengarang tampil bukan sebuah otoritas. Naskah yang disertakan Putu dalam Lomba Penulisan Drama DKJ itu misalnya hanya sebagian kecil dari kekayaan tawaran eksperimentasi yang terjadi di panggung.

Latihan latihan Teater Mandiri yang spartan, keras dan konsisten di Balai Budaya Jakarta saat itu memberi inspirasi perupa seperti Nashar. Dalam Catatan Hariannya, Nashar menulis praktek berteater dari Putu Wijaya bersama Teater Mandiri memberi rangsangan ia dalam melukis.

“Lakon tidak boleh dikatakan telah mulai disitu dengan persis. Ia hanya menyediakan sebuah telur yang menunggu dibuahi. Sadar atau tak sadar, ia mempersiapkan sebuah hubungan yang lebih erat—sekaligus lebih leluasa antara sang naskah dan horison lain setelah kesusastraan,” tulis Goenawan.

Semua tokoh tokohnya tak memiliki nama, hanya mengesankan dari lapisan bawah yang lugu dan seringkali naif. Dialog sering terjadi antara tokoh tapi tak jelas ditunjukan pada siapa. Kegiatan dilakukan, tanpa diperjelas aktivitasnya.

Situasi absurd dan asing dibangun dari kondisi pengadeganan yang diciptakan di atas pentas. Pola pola semacam ini lalu jadi semakin sering dipraktekan dalam iklim pertunjukan saat itu. Iwan Simatupang bahkan pernah menulis kecenderungan “baru” ini dengan sindiran ”Rame-rame jadi eksistensialis.” (bwo)

 

 

 

Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Ahli Sebut BPKP Tidak Punya Dasar Hukum Penghitungan Kerugian Negara di Kasus Timah

Ahli Sebut BPKP Tidak Punya Dasar Hukum Penghitungan Kerugian Negara di Kasus Timah

Prof Romli Atmasasmita menilai penghitungan kerugian negara seharusnya hanya dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.
Emang Boleh Ziarah Kubur sebelum Ramadan? Ustaz Maulana Justru Tidak Menyarankan Berziarah pada Waktu Ini, karena...

Emang Boleh Ziarah Kubur sebelum Ramadan? Ustaz Maulana Justru Tidak Menyarankan Berziarah pada Waktu Ini, karena...

Ziarah kubur sebelum Ramadan tiba memang menjadi salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia. Ustaz Maulana dalam ceramahnya pernah bilang, kalau...
Akses Jalan yang Masih Sulit, KPU Majene Distribusikan Logistik Lebih Awal ke Wilayah Pegunungan

Akses Jalan yang Masih Sulit, KPU Majene Distribusikan Logistik Lebih Awal ke Wilayah Pegunungan

KPU Majene distribusikan Logistik Pemilihan Umum Serentak 2024 berupa kotak suara, surat suara, bilik suara dan formulir dilakukan lebih awal ke wilayah terjauh
Kemenhub Pastikan Cek Kelaikan Penerbangan Pesawat Udara Jelang Libur Nataru

Kemenhub Pastikan Cek Kelaikan Penerbangan Pesawat Udara Jelang Libur Nataru

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Lukman F. Laisa menyebutkan pemeriksaan pesawat udara dilakukan jelang libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Sombongnya Media Vietnam, Sebut Musuh Bebuyutan Timnas Indonesia Rentan Kalah Telak di Piala AFF 2024

Sombongnya Media Vietnam, Sebut Musuh Bebuyutan Timnas Indonesia Rentan Kalah Telak di Piala AFF 2024

Media Vietnam menyebut musuh bebuyutan Timnas Indonesia, yakni Timnas Malaysia rentan kalah telak di Piala AFF 2024.
Fakta Kasus Polisi Tembak Siswa SMKN 4 Semarang Terkuak, Kombes Irwan Anwar Beberkan 'Kesalahan' Ini

Fakta Kasus Polisi Tembak Siswa SMKN 4 Semarang Terkuak, Kombes Irwan Anwar Beberkan 'Kesalahan' Ini

Polisi mengungkap fakta di balik kasus polisi diduga menembak seorang siswa SMKN 4 Semarang, Jawa Tengah hingga tewas. Kombes Irwan Anwar beberkan hal ini.
Trending
Calvin Verdonk Bicara Jujur soal Suporter Timnas Indonesia kepada Media Belanda: Saya Tidak Bisa Berkeliaran di Jalan di Sana

Calvin Verdonk Bicara Jujur soal Suporter Timnas Indonesia kepada Media Belanda: Saya Tidak Bisa Berkeliaran di Jalan di Sana

Pemain Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, berbicara kepada media Belanda perihal betapa gilanya dukungan dari masyarakat Indonesia yang menggemari sepak bola.
Alwin Jabarti Kiemas, Keponakan Megawati Soekarnoputri jadi Tersangka Kasus Judi Online Komdigi

Alwin Jabarti Kiemas, Keponakan Megawati Soekarnoputri jadi Tersangka Kasus Judi Online Komdigi

Polisi benarkan Alwin Jabarti Kiemas jadi tersangka kasus mafia judi online yang libatkan pegawai dan staf ahli Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) RI.
Mana yang Lebih Afdhol? Shalat Hajat Dulu Apa Tahajud Dulu? Ternyata Kata Ustaz Abdul Somad Urutan Ibadah di Sepertiga Malam Terakhir Itu…

Mana yang Lebih Afdhol? Shalat Hajat Dulu Apa Tahajud Dulu? Ternyata Kata Ustaz Abdul Somad Urutan Ibadah di Sepertiga Malam Terakhir Itu…

Dalam salah satu ceramahnya, Ustaz Abdul Somad (UAS) jelaskan waktu terbaik untuk shalat hajat, tahajud dan amalan lain di waktu sepertiga malam terakhir.
Miliano Jonathans Susul Mees Hilgers Lebih Cepat, Vitesse Arnhem Konfirmasi Sedang Negosiasi dengan FC Twente

Miliano Jonathans Susul Mees Hilgers Lebih Cepat, Vitesse Arnhem Konfirmasi Sedang Negosiasi dengan FC Twente

Pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers, bisa segera main bersama pemain keturunan Indonesia lainnya, Miliano Jonathans, di FC Twente [adabursa transfer Januari.
Sopir Truk Penyulut Polisi Tembak Polisi di Sumbar Buka Suara, Dugaan Hubungan Oknum Polisi dengan Bisnis Galian Ilegal Terjawab? Ternyata..

Sopir Truk Penyulut Polisi Tembak Polisi di Sumbar Buka Suara, Dugaan Hubungan Oknum Polisi dengan Bisnis Galian Ilegal Terjawab? Ternyata..

Singkat cerita, kejadian polisi tembak polisi terjadi pada Jumat (22/11/2024) dini hari. AKP Ulil Ryanto tewas usai menerima tembakan dari AKP Dadang Iskandar.
Vietnam Semakin Panik, Timnas Indonesia Bisa Panggil Kiper Liga Yunani yang Sudah Jadi WNI Ini Jika Maarten Paes Tak Dibawa ke Piala AFF 2024

Vietnam Semakin Panik, Timnas Indonesia Bisa Panggil Kiper Liga Yunani yang Sudah Jadi WNI Ini Jika Maarten Paes Tak Dibawa ke Piala AFF 2024

Kiper Liga Yunani ini layak diberi kesempatan oleh Shin Tae-yong untuk mengisi pos penjaga gawang Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 yang ditinggal Maarten Paes
Jadi Kiper Andalan Timnas Indonesia, Ternyata Maarten Paes Sempat Menyerah Jadi Pemain Sepak Bola Karena Ini

Jadi Kiper Andalan Timnas Indonesia, Ternyata Maarten Paes Sempat Menyerah Jadi Pemain Sepak Bola Karena Ini

Maarten Paes kini menjadi kiper utama di Timnas Indonesia dan menjadi aktor utama dalam perkembangan Skuad Garuda sejak putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 
Selengkapnya
Viral