KETIKA jalan-jalan 'cari angin' sesekali saya melihat gerai penjualan perabot rumah tangga dari Swedia yang memang secara fungsi dan desain terasa nyaman dan indah dilihat. Sejenak saya tertegun kenapa banyak sekali orang yang perilakunya hanya memotret dengan telepon genggamnya dan tidak antusias bertanya ke pramuniaga mengenai harga dan kualitas produknya.
Setelah bertanya kanan kiri, terkuaklah gaya belanja termutahir: memotret hanya untuk mencontek desain, lalu meminta kenalan tukang terpercaya untuk membuatkan yang serupa.
Kita tak risau mencontek desain sandaran tangan pada kursi yang tampak sangat ergonomis hasil bertahun tahun riset dari divisi penelitian dan pengembangan jenama tersebut, melibatkan ratusan sumber daya manusia terbaik, memakan biaya yang tak murah, dari sekian percobaan percobaan yang gagal.
Dalam hal meniru, kemampuan kita memang layak meraih hadiah nobel. Tak heran jika barang aspal, asli tapi palsu meruyak ke mana mana. Kaus Zara yang dibeli kolega saya pada pedagang Arab di bilangan Blok M ternyata warnanya luntur. Pada pedagang, keluhan disampaikan: “Ditanggung tidak luntur, kenapa luntur juga?” ujar sang teman. “Ah ente aja yang tidak teliti membacanya,” ujar pedagang enteng. “Tulisan Arab kan ditulis terbalik, luntur tidak ditanggung.”
Tentu ini anekdot menggambarkan betapa kita santai saja memandang perkara barang aspal. Kita misalnya tahu bahwa saos tomat yang kita konsumsi tak ada unsur tomatnya. Ia hanyalah ubi yang digiling dan diberi warna merah, ditempatkan dalam botol yang diberi label saus tomat. Susu kental manis yang terkenal dicekokkan ke anak-anak setiap akan berangkat sekolah tak ada sedikit pun unsur susunya. Lalu kita merasa biasa saja, kita akrab dengan apapun yang bukan asli, replika, seolah-olah. Kepalsuan bagian dari kenyataan sehari-hari.
Repotnya jika “rekayasa” juga merembet ke perkara program-program pemerintah yang penting.
Suatu kali lirik lagu pop yang dinyayikan Broery Pesolima sudah terasa sangat membingungkan. Penyanyi bersuara mendayu-dayu ini bilang buah semangka berdaun sirih, ternyata kelak ada yang lebih membingungkan: menanam singkong tumbuh jagung, yang dipanen meranti. Itulah repotnya ketika ketidakotentikkan ditolerir, akhirnya merambah ke mana-mana, termasuk program kerja.
Yang terakhir ini pasti kita tahu soal mimpi di siang bolong: swasembada pangan. Caranya lewat program food estate. Lalu hutan di Kalimantan bagian paru paru dunia itu ditebang, diambil kayunya, tanah gambutnya dicangkuli ditanami singkong. Di kemudian hari baru diketahui, struktur dan unsur tanah tak memadai untuk tanaman pangan dan palawija. Agar tak kewirangan di musim pemilu, ditanamlah jagung, tumbuhan yang bisa cepat berbuah hanya dalam waktu 70 hari itu di dalam polybag-polybag.
Cara berpikirnya yang instan, mau cepat dan mudah saja, khas pedagang barang kelontong di lapak-lapak kaki lima pinggir jalan.
Pada zaman yang tak menghargai otentisitas, tak heran jika pemimpin pun “direpro” seperti tukang modifikasi mobil mereparasi onderdil aspal di bengkel ketok magic.
Ada seorang calon presiden yang dulu sangat gemar meniru tokoh proklamator Soekarno. Ia sangat gemar memakai baju safari, memakai peci hitam dan sesekali tentu memegang tongkat komando. Yang paling mudah dilihat ini sebuah 'copy paste' adalah gaya pidatonya. Ia selalu berbicara berapi api, menggelegar bahkan secara tak sengaja sambil mengetuk meja.
Barangkali sambil berimajinasi ketika Soekarno menggebrak meja majelis sidang PBB mengeritik lembaga bangsa-bangsa yang macet, invalid itu, sambil mengenalkan gagasan bangsa-bangsa non blok lewat pidato “To Build a World a New”.
Tapi itu dulu. Kini ia tampil menjiplak tokoh politik lain. Ia kini rebranding meniru tokoh politik lain era kiwari: Jokowi. Ia meninggalkan baju safari dan celana drill lapangan tampil dengan wajah baru: berkemeja putih, ujung lengannya sedikit digulung. Gimik diciptakan: gemoy, santuy dan lebih banyak joget-joget.
Namun, sejauh-jauhnya tiruan, ia tetap replika. Ia bukan asli, otentik. Persis bedak pupur yang ditebalkan di wajah agar menutupi kulit yang mungkin bopeng-bopeng dan suatu ketika akan luntur terkena cipratan air hujan.
Wajah kita sesungguhnya terbaca jelas ketika dalam keadaan tidak normal: terdesak atau terancam. Ketika zaman kuliah dulu, ketika mulai ikut-ikutan naik gunung bersama teman-teman dari organisasi pecinta alam kampus, cara saya menguji jiwa kepemimpinan seorang teman adalah dengan diajak naik gunung. Pada batas antara kelelahan, ketakutan, lapar, khawatir dan perasaan tidak nyaman lainnya, terlihat sisi otentik setiap teman saya ketika itu. Itulah sifat, karakter, tabiat, watak asli si tokoh.
Dalam pemilu 2024, calon calon pemimpin bisa didandani dengan banyak pakaian: baju penerbang, baju pendaki gunung, baju daerah, jaket bisbol, jas perlente, tapi dalam kondisi terdesak ia akan muncul tabiat aslinya. Kosmetik itu akhirnya meleleh. Seorang yang pemarah akan muncul sikap temperamentalnya, seorang yang gemar meremehkan orang akan “bocor” juga perangi aslinya.
Dalam terminologi agama, sikap lain dikata, lain dihati, beda anjuran beda tindakan disebut dengan munafik. Kitab suci punya pernyataan keras untuk perilaku munafik. “Wahai sekalian orang-orang beriman, mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Besarlah dosanya di sisi Allah bahwa kamu mengatakan sesuatu yang kamu sendiri tidak mengerjakanya (QS. Al Shaff/61:2-3)
Saya ingat kata kata mutiara Abraham Lincoln soal perilaku pemimpin yang tak otentik, alias pagi tempe sore kedelai: “Kamu dapat menipu satu orang selama-lamanya; kamu juga dapat menipu semua orang dalam satu saat; tapi kamu tidak akan menipu semua orang selama lamanya.”
Dalam sejarah tak ada pemerintahan di manapun yang berlaku tidak adil, berbohong selama lamanya pada masyarakatnya. Cepat atau lambat masyarakat akan bangkit kesadarannya melawan penguasa yang tidak otentik, “bengkok” secara damai atau dengan kekerasan.
Sebab, sebenarnya kutipan Abraham Lincoln ada kelanjutannya. “Kita tidak bisa menipu hati nurani kita sendiri. Karena hati nurani selalu tunggal, dan selamanya akan meneriakan kebenaran dan kebaikan saja.”
“Allah tidak membuat untuk seseorang dua hati dalam rongga dadanya” (QS.al-Azhab/33:4).
Bersikap palsu adalah melawan kodrati mahluk. Melawan fitrah dan tidak alamiah.
Bagi saya, mencari pemimpin otentik untuk pembentukan demokrasi Indonesia yang secara usia masih muda (bandingkan dengan Amerika Serikat yang usia demokrasinya berusia 200 tahun lebih) sangat penting. Sebab, pemimpin kelak perkataan dan perbuatannya mempengaruhi orang banyak.
Apalagi kita tahu, pemimpin yang tidak memiliki menyatunya kata dan perbuatan hanya akan mengundang sinisme publik, memancing perdebatan di masyarakat, mengundang ketegangan warga negara. Pemimpin yang tidak otentik, wibawanya seperti istana pasir, mudah runtuh. Pada akhirnya kepemimpinan dan pemerintahannya menjadi tidak efektif. Jika ini terjadi, tidak hanya merugikan sang pemimpin, tapi juga merusak tatanan masyarakat. (Ecep Suwardaniyasa Muslimin)
Load more