LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Gen Z Tanggapi Debat Perdana Pilkada Jakarta

Senin, 7 Oktober 2024

Jakarta, tvOnenews.com - Debat perdana pemilihan kepala daerah Jakarta telah usai dilaksanakan pada Minggu (6/10/2024) di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (​​​​​cagub-cawagub) nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mengusung tema “Jakarta Baru, Jakarta Maju” sebagai visinya. 

Menurut RK dirinya dan Suswono disatukan oleh cita-cita membawa Jakarta Baru pasca tidak lagi menjadi ibu kota. Paslon tersebut juga akan fokus pada perlindungan terhadap perempuan dan anak serta kaum disabilitas.  

Paslon RIDO juga akan memastikan agar transportasi publik hadir menyeluruh dan memberikan rasa aman dan nyaman. Soal tata kelola pemerintahan, RIDO memastikan ingin membangun rasa percaya warga kepada pemimpinnya dengan memberikan layanan responsif dan adaptif. 

Sementara itu, dalam kesempatan penyampaian visi misi di debat perdana Pilkada DKI Jakarta, paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana menyisipkan adab dalam visi dan misinya untuk memimpin Jakarta lima tahun ke depan. Menurut Dharma, adab menjadi penting dalam setiap pondasi untuk kepemimpinan Jakarta, karena tanpa adab maka keadilan tidak ada. 

Ada tujuh misi yang akan dijalankan oleh pasangan Dharma-Kun di antaranya mewujudkan transformasi Jakarta sebagai pusat keunggulan pada tatanan nasional, regional dan global yang aman dan beradab. 

Selain itu, menjadikan Jakarta reformasi regulasi dan tata kelola Jakarta dengan mengutamakan pemeliharaan kesehatan melalui pengobatan preventif. 

Dharma-Kun juga akan mewujudkan inovasi perbaikan desain tata ruang Jakarta sebagai kota global untuk mengatasi kemacetan. 

Mewujudkan akselerasi Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional yang terintegrasi secara nasional, regional dan global dalam simpul pariwisata, ekonomi, kreatif, dan budaya melalui penguatan UMKM pemberdayaan masyarakat. 

Kemudian, mewujudkan akselerasi ketahanan dan keberlangsungan lingkungan Jakarta sebagai pusat transit regional dan global. 

Selain itu, mewujudkan penguatan konektivitas informasi melalui transformasi Jakarta sebagai pusat keunggulan sumber daya manusia yang fokus pada adab kesetaraan sosial profesional yang terampil praktis dan kreatif. 

Terakhir adalah mewujudkan reformasi teknologi yang tepat guna dan hemat untuk mendukung strategi samudera biru dan strategi bioekonomi sebagai kontributor utama perekonomian Indonesia. 

Paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel) menyampaikan visi-misi dan program kerja yang bertajuk "Jakarta Menyala”. 

Salah satu program yang akan diusung yakni pergelaran Benyamin S Awards yang merupakan singkatan dari bersih, aman, nyaman, indah dan sejahtera. 

Pram-Doel menjanjikan adanya bursa kerja setiap tiga bulan sekali di kecamatan, pelatihan bersertifikat, lowongan kerja terintegrasi di JAKI, bekerja dimanapun (work from anywhere/WFA) untuk ASN, BUMD dan swasta. 

Selain itu penyediaan layanan penitipan anak (day care) di wilayah kerja dan pusat perkantoran. Mereka juga menyoroti isu pendidikan di Jakarta yang menyoroti data anak putus sekolah dan ketimpangan penghasilan guru honorer. 

Pram-Doel juga menjanjikan sejumlah solusi, yakni wajib belajar 12 tahun tuntas, Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) sampai lulus kuliah.  

Selain itu ada juga pelatihan guru penyandang disabilitas serta beasiswa S2 S3 untuk guru dan dosen. 

Menyusul tingginya penderita gangguan jiwa di Jakarta, paslon itu akan menyediakan saluran langsung (hotline center) 24 jam layanan psikolog, mempersingkat waktu antrean BPJS, menambah fasilitas kesehatan dan menyediakan RS Apung, kapal ambulan, dan helikopter ambulans di Kepulauan Seribu. 

Kemudian, Pramono-Rano juga akan menyediakan "Jakarta Collaboration Fund" untuk pengelolaan dana investasi bagi pembangunan warga Jakarta. 

Pram-Rano juga akan mengintegrasi JAKI, insentif RT RW, menyediakan kamera pengawas (CCTV) 24 jam di setiap RT, membangun balai rakyat dan pengembalian pembebasan PBB-P2 untuk di bawah Rp2 miliar.

Lantas bagaimana pendapat dan harapan Gen z setelah melihat debat Pilkada Jakarta? (awy)

Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:05

Kampanye Calon Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong

Pasangan calon bupati dan calon Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah Moh. Nur-Arman Maulana menggelar kampanye di dua lokasi berbeda.
img_title
02:24

Anies Tak Nonton Debat Pilkada Jakarta, Pilih Nonton John Legend Bersama Istri

Mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menonton konser John Legend. Anies tidak berencana menonton debat perdana Pilgub DKI Jakarta.  
img_title
02:45

Vadel Badjideh Penuhi Panggilan Polisi

Vadel Badjidel akhirnya penuhi panggilan dari polisi Jumat (4/10/2024) lalu. Vadel bersama kuasa hukumnya Razman Arif Nasution mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan.
img_title
06:34

Pidato Hashim Djojohadikusumo Dalam Diskusi Ekonomi Kadin Indonesia

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie menunjuk Arsjad Rasjid dan adik Presiden terpilih Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo ke dalam pengurus Kadin periode 2024-2029.
img_title
12:03

Aksi Cuti Massal Hakim se-Indonesia

Pengadilan Negeri Surabaya hari ini sepi menyusul berlangsungnya aksi cuti bersama para hakim se-Indonesia.
img_title
02:13

3 Orang Tewas Usai Mobil Bak Terbuka Masuk Jurang

Tiga penumpang tewas sementara empat penumpang lainnya luka-luka akibat kecelakaan di kawasan objek wisata DH Garden Desa Setia Negara.
img_title
07:05

Fakta-fakta Kasus Pelecehan Seksual di Panti Asuhan

Jumlah korban pelecehan seksual di Panti Asuhan An'nur di Kota Tangerang, Banten terus bertambah. Kini dikabarkan jumlah korban pelecehan seksual mencapai 32 orang yang sebelumnya hanya berjumlah 25 anak. 
img_title
11:22

Visi Misi 3 Paslon di Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024

Ketiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta memaparkan visi misi mereka dalam memimpin DKI Jakarta selama lima tahun ke depan jika terpilih, pada debat perdana.
img_title
01:32

Membabi Buta, Geng Motor Remaja Serang Warga di Tangerang Selatan

Komplotan geng remaja bermotor menyerang warga Perumahan Graha Utama Serpong Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.
img_title
01:35

Rumah Warga Ambruk ke Jurang di Ungaran Kabupaten Semarang, 1 Tewas

Sebuah rumah di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah roboh. Empat orang penghuni rumah tertimbun reruntuhan bangunan dan satu orang meninggal dunia.
img_title
08:55

Komentar Ridwan Kamil Kinerjanya Disenggol Saat Debat Pilgub "Nobody Perfect"

Menurutnya perubahan ketika dirinya menjabat dibanding dengan gubernur sebelumnya sangat banyak.
img_title
08:06

RK Tanya Soal Covid-19, Dharma: Agenda Terselubung Asing, Jangan Takut-takuti Rakyat!

Cagub Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun menjawab masalah pandemi, khususnya pandemi COVID, dalam debat perdana Pilgub Jakarta 2024.
img_title
08:11

Solusi Bang Doel Atasi Problem Lapangan Kerja Untuk Gen Z

Menurut Bang Doel saat ini masih banyak Gen Z dengan populasi yang besar masih menganggur.
img_title
03:15

Menteri PUPR Beri Pernyataan yang Mengejutkan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadi Muljono mengakui pernah melanggar undang-undang saat menjalankan tugasnya sebagai pembantu Jokowi.
img_title
06:42

Persiapan Jelang Debat Pilgub Jakarta yang akan Berlangsung di JIExpo Kemayoran

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bakal menyelenggarakan debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta pada hari ini, Minggu (6/10/2024).
img_title
02:42

Andika Perkasa Kunjungi Pabrik Tekstil di Karanganyar

Gubernur Jawa Tengah nomor urut 1 Andika Perkasa mengunjungi pabrik tekstil di Karanganyar, Jawa Tengah. 
img_title
02:53

Ngeri! Aksi Teror Bersajam Menyerang Siswa di Sultra, Satu Orang Ditikam

ua pemuda bersenjata tajam menyerang sejumlah siswa di salah satu sekolah di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.
img_title
02:36

Luluk-Lukman Nonton Wayang Kulit Bersama Warga Ngawi dan Sampaikan Sejumlah Janji

alon gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Luluk Nur Hamidah dan Lukman berkampanye sambil nonton Pagelaran Wayang Kulit bersama ribuan warga Ngawi, Jawa Timur.
img_title
01:34

Diperkirakan 32 Anak Yatim jadi Korban Pelecehan Seksual di Tangerang

Korban yang melapor akibat kasus pelecehan seksual yang terjadi di Panti Asuhan Darussalam Annur Kota Tangerang, Banten terus bertambah.
Jangan Lewatkan
Berkah Doa Seseorang, Timnas Indonesia Dipegang Shin Tae-yong Masuk Babak Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang Diijabah Langsung di Mekkah, Siapa?

Berkah Doa Seseorang, Timnas Indonesia Dipegang Shin Tae-yong Masuk Babak Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang Diijabah Langsung di Mekkah, Siapa?

Pria yang akrab disapa STY ini pun, membuktikan semua orang. Sebelum sampai dititik ini, kabar baik datang Timnas Indonesia berhasil kalahkan Filipina skor 2-0
Para Terpidana Kasus Vina dan Eky Teriak Minta Dibebaskan Lewat PK, Iptu Rudiana Terang-terangan Tak Kecewa karena Hal Ini

Para Terpidana Kasus Vina dan Eky Teriak Minta Dibebaskan Lewat PK, Iptu Rudiana Terang-terangan Tak Kecewa karena Hal Ini

Ayah almarhum Eky, Iptu Rudiana merespons soal para terpidana kasus pembunuhan Vina mengajukan peninjauan kembali (PK), untuk dibebaskan dari putusan pidana.
KPU Kabupaten Pati Terima 8.060 Kotak Suara untuk Pilkada 2024

KPU Kabupaten Pati Terima 8.060 Kotak Suara untuk Pilkada 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, Jawa Tengah, telah menerima 8.060 kotak suara untuk pilkada 2024.
Cagub Jateng Ahmad Luthfi Akan Hapus Kartu Tani yang Bikin Ribet Petani dan Bangun Lumbung Pangan Desa

Cagub Jateng Ahmad Luthfi Akan Hapus Kartu Tani yang Bikin Ribet Petani dan Bangun Lumbung Pangan Desa

Sejumlah gagasan dilontarkan  Calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi untuk memajukan petani di Jawa Tengah. Petani Jateng banyak yang mengeluh soal ketersediaan pupuk hingga harga jual saat panen.
Tukang Kebun Ungkap Kebaikan Marissa Haque, Chiki Fawzi Akui Baru Mengetahuinya: Gokil Bu, Ternyata Sebanyak Itu

Tukang Kebun Ungkap Kebaikan Marissa Haque, Chiki Fawzi Akui Baru Mengetahuinya: Gokil Bu, Ternyata Sebanyak Itu

Kebaikan aktris senior, Marissa Haque diungkapkan oleh beberapa pihak setelah meninggal dunia. istri musisi legendaris, Ikang Fawzi masih menjadi pembicaraan
MA Pastikan Tidak Beri Sanksi ke Hakim yang Cuti Ikut Audiensi 

MA Pastikan Tidak Beri Sanksi ke Hakim yang Cuti Ikut Audiensi 

Mahkamah Agung RI memastikan tidak akan memberikan sanksi terhadap hakim yang mengambil cuti untuk audiensi. Ribuan hakim menggelar audiensi mulai Senin ini.
Bersama LAN RI dan Pijar Foundation, 40 Pimpinan ASN Siapkan Strategi Ekonomi Masa Depan

Bersama LAN RI dan Pijar Foundation, 40 Pimpinan ASN Siapkan Strategi Ekonomi Masa Depan

Indonesia memiliki target mencapai pertumbuhan ekonomi 8% di tengah berbagai dinamika global, terutama digitalisasi dan perubahan iklim.
Peringatan Setahun Perang di Jalur Gaza, Paus Fransiskus Kembali Serius Serukan Gencatan Senjata Akhiri Balas Dendam

Peringatan Setahun Perang di Jalur Gaza, Paus Fransiskus Kembali Serius Serukan Gencatan Senjata Akhiri Balas Dendam

Paus Fransiskus kembali menyerukan gencatan senjata segera di semua konflik Timur Tengah menjelang peringatan satu tahun meletusnya perang di Jalur Gaza
Dulu Dianggap Pahlawan Timnas Indonesia, Tak Disangka Begini Kabar 6 Mantan Kiper Ternama, Ada yang Sempat Urus Ayam

Dulu Dianggap Pahlawan Timnas Indonesia, Tak Disangka Begini Kabar 6 Mantan Kiper Ternama, Ada yang Sempat Urus Ayam

Para mantan kiper ini dulu dianggap sebagai pahlawan Timnas Indonesia. Setelah pensiun dari sepak bola, tak disangka begini nasib mereka saat ini. Seperti apa?
TelkomGroup Perkuat Digitalisasi Maritim Melalui Pemanfaatan Satelit Merah Putih 2

TelkomGroup Perkuat Digitalisasi Maritim Melalui Pemanfaatan Satelit Merah Putih 2

Telkomsat Jalin Kerja Sama strategis dengan PT Bhinneka Nusantara Mandiri guna mewujudkan komitmen percepatan transformasi digital di sektor maritim.