LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Pemandangan Danau Toba dari Pusuk Buhit
Sumber :
  • indonesia.travel

Tempat Wisata di Medan yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, banyak sekali tempat wisata di Medan yang bisa dikunjungi. Artikel ini mengulas beberapa tempat wisata ikonik Medan.

Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:43 WIB

Menyandang predikat kota terbesar ketiga di Indonesia, pasti banyak sekali tempat wisata di Medan yang bisa dikunjungi. Berusia lebih dari 400 tahun, Medan juga menjadi salah satu pusat ekonomi terpenting.

Sebagai kota yang sering dianggap sebagai salah satu pintu masuk utama Indonesia bagian barat, kamu bisa dengan mudah menemukan kekayaan budaya dan sejarahnya. Hal ini dapat terlihat dengan mata melalui kompleksitas arsitekturnya hingga keragaman etnis dan keunikan kulinernya.

Buat kamu yang sedang dan akan mengunjungi Kota Medan tak ada salahnya menyimak artikel ini. Siapa tahu punya waktu untuk mengunjungi destinasi-destinasi ikonik kota ini.

 

Baca Juga :

Istana Maimun

Salah satu tempat wisata di Medan yang wajib dikunjungi adalah Istana Maimun. Banyak yang menyebut bahwa kamu belum ke Medan kalau belum menyambangi lokasi ini.

Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang kini tetap dipelihara sebagai museum. Di tempat ini kamu dapat belajar memahami budaya lokal yang dipadukan unsur-unsur Islam, Spanyol, India, Belanda, dan Italia.

Istana Maimun didesain oleh arsitek Capt. Theodoor van Erp, seorang tentara Kerajaan Belanda yang dibangun atas perintah Sultan Deli, Sultan Ma'moen Al Rasyid. Istana ini mulai didirikan pada tahun 1888 dan baru selesai 1891.

Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke Timur dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan. Istana ini terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Aur, Medan Maimun.

 

Graha Maria Annai Velangkanni

Gereja satu ini merupakan salah satu ikon Kota Medan. Betapa tidak, bangunan artistik ini merupakan salah satu saksi sejarah dinamika budaya dan sosial yang kaya.

Gereja ini unik dan ikonik karena memiliki arsitektur yang kental dengan nuansa India. Hal ini karena Graha Maria Annai Velangkanni memang didirikan oleh umat Katolik India Tamil yang bermukim di Medan.

Graha Maria Annai Velangkanni sendiri didedikasikan untuk Bunda Maria yang dikenal di India sebagai Annai Velangkanni Arokia Matha atau Our Lady of Good Health (Bunda Penyembuh). Graha berarti rumah atau tempat suci atau kuil dalam bahasa Sanskrit.

Kalau kamu berkunjung ke sini. Jangan lupa untuk selalu menjunjung tinggi sopan santun, ketenangan, dan kebersihan saat berada di areal rumah ibadah ini, ya.

 

Tjong A Fie Mansion

Tak kalah unik dengan gereja berarsitektur India, kamu juga bisa menemukan bukti berbaurnya bagai kebudayaan di Medan. Salah satunya adalah Tjong A Fie Mansion.

Alkisah Tjong A Fie adalah seorang saudagar sukses asal Tiongkok yang lahir pada tahun 1860 dan berhasil menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di Medan. Dengan kekayaan dan pengaruhnya tersebut, ia lalu membangun sebuah mansion sebagai hadiah untuk sang istri.

Mansion milik Tjong A Fie ini kini telah disulap menjadi sebuah museum dan dibuka untuk umum pertama kali pada bulan Juni 2009. Melalui bangunan ini kamu bisa melihat jejak-jejak keanggunan Art Deco dari Eropa dan dan halusnya budaya Timur Jauh.

Tiket masuk ke destinasi wisata ini sudah termasuk jasa pemandu. Selain itu jangan khawatir jika ada temanmu dari luar negeri yang ingin datang kesini karena Tjong A Fie Mansion juga memiliki jasa pemandu berbahasa Inggris.

 

Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Selain melihat berbagai satwa di kebun binatang Medan, tempat wisata lainnya yang juga tidak kalah menarik dan asik untuk dikunjungi adalah penangkaran buaya Asam Kumbang.

Disini kamu bisa melihat bagaimana berbagai jenis buaya dapat hidup dan dirawat dengan baik. Tempat ini tentu menyenangkan terutama buat kamu pecinta reptil. Bahkan selain unik, harga tiket masuk ke wisata ini juga sangat murah.

Bukan hanya untuk wisatawan lokal saja, melainkan wisatawan asing juga tidak ingin melewatkan kesempatan ini saat berkunjung ke kota Medan. Selain buaya, kamu juga bisa melihat hewan lainnya seperti ular dan juga kura-kura.

Untuk ke lokasi ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju Jl. Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang.

 

Air Terjun Dua Warna

Air terjun memang selalu menjadi primadona bagi para wisatawan. Selain pemandangan air terjun yang menakjubkan, wisatawan juga dapat cuci mata dengan pemandangan alam di area sekitar air terjun.

Warga sekitar menyebut Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit karena air terjun yang berada di telaga berwarna biru, sementara tidak jauh dari situ terdapat air terjun berwarna putih yang hangat.

Memang tidak mudah untuk mencapai Air Telaga Dwi Warna Sibolangit, dengan berjalan kaki saja membutuhkan waktu selama tiga jam lamanya dari Taman Wisata Sibolangit.

Karena jaraknya yang cukup jauh dan medannya yang cukup menantang maka wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata di Medan ini sebaiknya datang pada pagi hari saat cuaca belum terlalu panas. Wisatawan juga disarankan meninggakan lokasi jauh sebelum matahari terbenam karena treknya sulit ditempuh jika sudah gelap.

Air terjun yang terbentuk akibat letusan Gunung Sibayak ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Puncak Air Terjun berada di ketinggian 1270 meter di atas permukaan laut. sehingga saat airnya terjun memberikan warna gradasi yang berbeda menampakkan dua warna.

 

Danau Toba

Meskipun kawasan wisata cukup jauh dari Kota Medan, tapi kalau kamu sudah berada di Medan tak ada salahnya berkunjung ke lokasi legendaris ini.

Berjarak sekitar 150 kilometer dari pusat kota, area wisata yang terletak di sekeliling Danau Toba sudah bisa dijangkau dengan berkendara sekitar 4 jam. Dikarenakan jarak tersebut maka disarankan untuk menyiapkan waktu lebih saat ke Danau Toba dan jauh lebih baik jika kamu dapat menginap disana.

Tak perlu khawatir karena sebagai destinasi wisata bertaraf internasional, banyak sekali hotel yang berada disana. Kamu tinggal menyesuaikan selera serta budget yang masuk di kantong.

Di tempat wisata di Medan ini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas sekaligus seperti menjelajahi kampung adat, berenang, mandi air panas, kayaking, hingga memanjat Gunung Pusuk Buhit untuk menyaksikan kemegahan panorama kebanggaan Sumatra Utara dan mendapatkan foto-foto instagramable nan estetik.

Itulah beberapa tempat wisata di Medan yang dapat kamu kunjungi saat berada di ibu kota Sumatra Utara. Semoga informasi ini berguna buat kamu, ya. (afr)

Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Kampanye Pilgub Jatim, Risma Paparkan Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Urban Farming

Kampanye Pilgub Jatim, Risma Paparkan Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Urban Farming

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 3, Tri Rismaharini, bertemu dengan para kader lingkungan di Cafe Bober, Surabaya, pada hari pertama kampanye
Anggaran IKN di 2025 Melemah, Wamenkeu Tommy Djiwandono: 80 Persen dari Investasi

Anggaran IKN di 2025 Melemah, Wamenkeu Tommy Djiwandono: 80 Persen dari Investasi

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Thomas Aquinas Muliatna Djiwandono atau Tommy Djiwandono mengungkapkan alasan mengapa anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di tahun 2025 melemah.
Diresmikan Jokowi, Investor China Delonix Kucurkan Rp500 Miliar untuk Bangun Kawasan Serba Guna di IKN: Ini Daftar Proyeknya

Diresmikan Jokowi, Investor China Delonix Kucurkan Rp500 Miliar untuk Bangun Kawasan Serba Guna di IKN: Ini Daftar Proyeknya

Proyek investasi dari Delonix Group akan menjadi langkah penting dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Soal Guru Honorer, Dharma Pongrekun: Kita Jadikan Tim Pembina Adab

Soal Guru Honorer, Dharma Pongrekun: Kita Jadikan Tim Pembina Adab

Calon Gubernur Jakarta, Dharma Pongrekun mengaku akan lebih memperhatikan guru honorer yang diakuinya saat ini terabaikan. 
Mengendalikan Amarah Tanpa Berbuat Dosa, Renungan Harian dan Doa Malam Kristen

Mengendalikan Amarah Tanpa Berbuat Dosa, Renungan Harian dan Doa Malam Kristen

Renungan harian tentang mengelola kemarahan tanpa berbuat dosa, disertai doa malam Kristen untuk meminta hikmat, kesabaran, dan kekuatan menghadapi godaan.
Tak Sengaja Nemu Uang di Jalan lalu Diambil untuk Sedekah ke Masjid, Sebaiknya Hati-hati Kata Ustaz Adi Hidayat Hukumnya...

Tak Sengaja Nemu Uang di Jalan lalu Diambil untuk Sedekah ke Masjid, Sebaiknya Hati-hati Kata Ustaz Adi Hidayat Hukumnya...

Ustaz Adi Hidayat menyarankan agar harus hati-hati soal hukum menemukan uang di jalan tidak diketahui sosok pemiliknya dijadikan sedekah ke kotak amal masjid.
Trending
Mampu Beradaptasi sama Budaya dan Islam, Shin Tae-yong Ungkap Pemain Timnas Indonesia yang Progres Baik Bukan Asnawi dan Ragnar Oratmangoen tapi ....

Mampu Beradaptasi sama Budaya dan Islam, Shin Tae-yong Ungkap Pemain Timnas Indonesia yang Progres Baik Bukan Asnawi dan Ragnar Oratmangoen tapi ....

Sehubungan dengan lamanya pelatih Shin Tae-yong mengasuh Timnas Indonesia, siapakah nama pemain yang dinilai progres baik? Simak penjelasannya, naturalisasi? ..
Media Vietnam Panik Bukan Main, Murid Kesayangan Jose Mourinho Bakal Gabung Timnas Indonesia? Dia...

Media Vietnam Panik Bukan Main, Murid Kesayangan Jose Mourinho Bakal Gabung Timnas Indonesia? Dia...

Media Vietnam langsung panik ketika tahu ada pemain Eropa baru yang akan gabung Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong, dia adalah murid kesayangan Jose Mourinho
Kabar Pemain Liga Inggris Ini Segera Berseragam Timnas Indonesia Sudah Berhembus Kencang di Belanda, Siapa Sosoknya?

Kabar Pemain Liga Inggris Ini Segera Berseragam Timnas Indonesia Sudah Berhembus Kencang di Belanda, Siapa Sosoknya?

Kabar pemain Liga Inggris ini segera berseragam Timnas Indonesia sudah berhembus kencang di Belanda, siapa sosoknya? Diungkap oleh pandit senior, dia adalah...
Media Vietnam Bongkar Sosok Calon Pemain Baru Timnas Indonesia, Grade A Eropa dan Peluang Gabung Sangat Besar

Media Vietnam Bongkar Sosok Calon Pemain Baru Timnas Indonesia, Grade A Eropa dan Peluang Gabung Sangat Besar

Setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, kini Timnas Indonesia dikabarkan bakal dapatkan satu pemain keturunan Eropa lagi untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Terpopuler: Media Vietnam Sebut Mustahil Timnas Indonesia Menang Lawan Bahrain, hingga Maia Estianty Singgung Mulan Jameela di Pestapora 2024

Terpopuler: Media Vietnam Sebut Mustahil Timnas Indonesia Menang Lawan Bahrain, hingga Maia Estianty Singgung Mulan Jameela di Pestapora 2024

Kumpulan artikel terpopuler di tvOnenews.com seputar berita Timnas Indonesia hingga gosip selebriti Maia Estianty dan Mulan Jameela.
Ada Nama Besar, Tangan Kanan Erick Thohir Beri Bocoran soal Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Ada Nama Besar, Tangan Kanan Erick Thohir Beri Bocoran soal Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga memberi bocoran soal calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.
Masih Ingat Philippe Troussier Dipecat Usai Dibantai Timnas Indonesia? Ternyata Eks Pelatih Vietnam itu Penganut Agama Islam

Masih Ingat Philippe Troussier Dipecat Usai Dibantai Timnas Indonesia? Ternyata Eks Pelatih Vietnam itu Penganut Agama Islam

Mengulik fakta menarik mantan pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier dipecat pasca Timnas Indonesia tekuk timnya, ternyata menganut kepercayaan agama Islam.
Selengkapnya